Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mobil Jeblos ke Selokan karena Banjir, Waspadai Bahaya Ini

JAKARTA, KOMPAS.com – Hujan deras kerap melanda beberapa daerah di Indonesia. Bahkan hujan yang deras ini membuat banyak ruas jalan tergenang oleh air. Bagi para pengemudi yang ingin menerabas, harus ekstra hati-hati.

Jangan sampai mobil terperosok ke selokan seperti yang terjadi di Depok. Kejadian ini diabadikan dan diunggah oleh akun Info Depok id, video singkat ini memperlihatkan SUV terperosok ke solokan di pinggir jalan.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, jalan yang tergenang air membuat kedalamannya tidak bisa diprediksi.

Pengemudi biasanya meremehkan kalau tidak ada lubang besar, apalagi di daerah perkotaan.

“Hal yang harus diperhatikan, pertama pastikan batas-batas jalan terlihat dengan sempurna. Misal ada pohon, trotoar, maupun obyek-obyek yang umumnya ada di pinggir jalan,” ucap Sony kepada Kompas.com, Jumat (19/2/2021).

Jika batas tadi tidak terlihat, jangan coba melintas karena ada bahaya terperosok mengancam. Apalagi jika jalannya terbuat dari beton, biasanya batas patahannya tinggi. Kedua, jangan merasa percaya diri karena mengemudikan mobil yang tinggi.

“Jangan merasa percaya diri sekalipun kendaraannya SUV atau tinggi. Mengingat risiko terperosok tidak bisa di prediksi,” kata Sony.

Terakhir, pengemudi bisa melakukan langkah antisipasi dengan berhenti jika tidak yakin. Lihat kondisi lingkungannya seperti orang, motor, dan pohon, jadikan patokan untuk mengecek seberapa tinggi genangannya.

“Jadi lebih baik balik arah kalau menerabas ternyata berbahaya,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/02/19/143100415/mobil-jeblos-ke-selokan-karena-banjir-waspadai-bahaya-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke