Hino Pamerkan Produk untuk Lawan Pandemi Covid-19

Kompas.com - 18/02/2021, 07:22 WIB
Bio Smart & Safe Bus PO Sumber Alam DOK. PT HMSIBio Smart & Safe Bus PO Sumber Alam

JAKARTA, KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 masih melanda Indonesia, bahkan jumlah kasusnya sudah menembus lebih dari satu juta orang. Masyarakat memang harus lebih waspada agar penularan tidak meluas di Indonesia.

Selain itu, perlu adanya upaya lain untuk mengatasi Covid-19 dengan memutus rantai enularan dengan penyediaan berbagai fasilitas kesehatan yang dapat diakses oleh masyarakat dimanapun lokasi mereka.

Alasan ini membuat PT Hino Motors Sales Indonesia ( HMSI) menampilkan beberapa line up kendaraan yang dapat membantu pemerintah untuk melawan pandemi Covid-19, dan tujuan untuk Indonesia bebas Covid-19 cepat terwujud.

Baca juga: Heboh Warga Satu Kampung Beli Ratusan Mobil Baru, Diler Kewalahan

Bio Smart & Safe Bus PO Sumber AlamDOK. PT HMSI Bio Smart & Safe Bus PO Sumber Alam

Bertempat di Hino Total Support Centre yang berlokasi di Jatake, Tangerang. Hino menunjukan empat kendaraan. Pertama, Hino Bus R260 yang disulap PO Sumber Alam menjadi Bio Smart & Safe Bus, lalu Hino FC Bus dengan aplikasi Mobile Polymerase Chain Reaction (PCR) Lab.

Dua lagi, produk terbaru dari HMSI yaitu Hino Flexicab Microbus dengan bodi ambulans dan bodi mobile PCR Lab.

Pertama, untuk bus milik PO Sumber Alam merupakan hasil kerja sama antara Hino, Laksana, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan Universitas Diponegoro (Undip). Hal yang spesial dari bus ini yaitu susunan kursi physical distancing (1-1-1) dan diterapkan juga desain sirkulasi udara laminar vertikal pada kabin, untuk udara yang lebih bersih karena adanya penyedot udara dibawah kursi penumpang atau Inlet AC.

Baca juga: Kata Komunitas Soal Mitsubishi Pajero Sport Facelift

“Bus ini memiliki konsep untuk mengatur bagaimana sirkulasi udara di kabin menjadi lebih bersih, aman dan tentu saja lebih sehat. Jadi virus yang berkeliaran di dalam kabin dapat tersedot ke bawah dan tersaring dengan baik untuk menjadi udara yang lebih bersih di dalam bus,” Ucap Anthony Steven Hambali, pemilik PO Sumber Alam dalam siaran resmi yang Kompas.com terima Rabu (17/2/2021).

“Selain itu material Nano Silver juga memberikan proteksi tambahan bagi penumpang, karena partikel ini akan membantu membunuh bakteri atau virus – virus yang menempel di dalam bus,” lanjut Anthony.

Kemudian yang kedua, ada Bus Bio Labratorium – Mobile PCR Lab yang menggunakan sasis Hino FC190. Bio Lab bus merupakan Mobile Lab yang didesain khusus mengikuti standar Biosafety Laboratory Level (BSL) II.

Bus Bio Laboratorium buatan LaksanaDOK. PT HMSI Bus Bio Laboratorium buatan Laksana

Santiko Wardoyo, Chief Operating Officer (COO) – Director HMSI mengungkapkan, Hino sebagai pemain utama dalam Industri kendaraan komersial di Indonesia, telah melihat transformasi yang signifikan selama pandemi Covid-19 berlangsung.

“Pertama Mulai dari prosedur pengoperasian baru hingga ide – ide yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk kebutuhan kendaraan komersial selama pandemi ini. Gagasan inilah yang akhirnya kita cetuskan melalui kendaraan – kendaraan yang akan membantu dalam memerangi pandemi ini dan untuk Indonesia Bebas Covid-19,” ucap Santiko.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X