Sepele tapi Penting, Posisi Tangan yang Benar Saat Naik Motor

Kompas.com - 17/02/2021, 16:25 WIB
Ilustrasi naik motor malam hari IDNtimesIlustrasi naik motor malam hari
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski terkesan sepele posisi tangan dalam memegang setang tidak bisa sembarangan. Posisi tangan berpengaruh ketika membawa sepeda motor.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani, mengatakan, cara memegang setang yang benar jangan terlalu dekat dengan terlalu mepet ke pangkal setang.

Baca juga: Dikabarkan Ludes Terjual, Ini Kata Toyota Indonesia Soal GR Yaris

“Berikan jarak minimal satu jari dari bagian dalam setang motor," ucap Agus kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Naik motor tangan dibalikhipwee.com Naik motor tangan dibalik

Alasannya kata Agus, supaya tangan nyaman saat memutar gas. Bagian tangan tidak menahan di sisi dalam setang dan motor juga jadi lebih mudah dikendalikan.

Baca juga: Lin Jarvis Sebut VR46 Bisa Jadi Tim Satelit Yamaha

Sebaliknya, jangan menggenggam setang terlalu di ujung. Pegang setang atau hand grip di bagian tengah sehingga posisi kepalan tangan mantap.

posisi naik motor yang salahCommunity Palm Kartika posisi naik motor yang salah

"Kemudian jangan juga menggenggam di ujung setang, karena bisa menyebabkan tangan mudah terlepas saat terjadi guncangan,” katanya.

Agus mengatakan, posisi tangan di kedua setang sangat krusial, karena itu mengendalikan motor dengan satu tangan sangat berisiko.

“Jika berkendara tidak berpegangan di setang dengan baik, tentu akan membahayakan pengendara itu sendiri apabila terjadi situasi darurat dalam melakukan manuver,” kata Agus kepada Kompas.com, Rabu (17/2/2021).



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X