Penyakit Umum Motor Koleksi yang Jarang Dipakai

Kompas.com - 17/02/2021, 17:01 WIB
Motor tua bisa dijadikan objek investasi @antik_motor_kediriMotor tua bisa dijadikan objek investasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak motor tua atau motor langka yang dijadikan motor koleksi. Biasanya, motor koleksi jarang digunakan untuk berkendara.

Jarang digunakan karena sayang jika motor sampai mengalami kerusakan. Padahal, motor yang jarang digunakan juga bisa mengalami kerusakan jika tidak dirawat dengan baik.

Baca juga: 5 Motor Koleksi dengan Harga Termahal Tembus Rp 300 Juta

Motor yang jarang dipakai, termasuk dipanaskan mesinnya, biasanya akan sulit dinyalakan. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari aki yang soak hingga saluran bensin yang pampat.

Tangki bensin motorStanly/Otomania Tangki bensin motor

Pampat pada saluran bensin bisa terjadi karena adanya endapan bensin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Wahyudin, Kepala Mekanik AHASS PT Daya Adicipta Motora (DAM), main dealer sepeda motor Honda Jawa Barat, mengatakan, motor yang jarang dipakai bisa membuat bensin mengendap di tangki dan terisap fuel pump.

"Kalau bensin lama tidak dipakai dia akan mengendap di permukaan tangki. Seperti misalkan air gunung saat kita simpan pasti mengendap, sama, itu yang bisa menyumbat seperti kotoran," kata Wahyudin, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Endapan tersebut tidak hanya membuat motor sulit dihidupkan. Tapi, dapat juga merusak fuel pump secara perlahan. Endapan tersebut akan menghambat kerja filter bensin.

Baca juga: Taksir Harga Motor Koleksi Honda Zoomer di Indonesia

"Dalam sistem pompa untuk motor yang injeksi, yang sistem pompa itu sangat menggangu di filter bahan bakar di dalam tangki. Makanya motor bisa susah hidup," ujar Wahyudin.

Wahyudin mengatakan, hal ini pernah dia jumpai di salah satu motor yang belum laku terjual di diler. Setelah dicek ternyata bensin yang lama tidak dipakai mengendap dan membuat fuel pump dan filter jadi cepat rusak.

"Bensin yang mengendap dan yang terjebak di pompa itu juga menjadi kotoran, makanya pompa bensin tidak bekerja, malah membuat pompa jadi panas karena tidak bisa bekerja," kata Wahyudin.

Motor tua bisa dijadikan objek investasi@antik_motor_kediri Motor tua bisa dijadikan objek investasi

Wahyudin menambahkan, ada baiknya mesin motor tetap dipanaskan setiap beberapa hari sekali agar bensin terpakai.

Jika memang ada rencana untuk tidak memakai motor tersebut dalam waktu yang lama, sebaiknya bensin dikuras total.

"Karena kalau motor sering dipakai, bensin itu nanti akan terdaur ulang, yang lama terpakai oleh mesin yang baru masuk lagi," ujar Wahyudin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.