NJKB Keluar, Kapan Renault Kiger Mengaspal di Indonesia?

Kompas.com - 17/02/2021, 11:02 WIB
Renault Kiger resmi meluncur secara global pada Januari 2021. ZIGWHEELS.comRenault Kiger resmi meluncur secara global pada Januari 2021.

 

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) rupanya hanya tinggal selangkah lagi memboyong Renault Kiger ke Tanah Air.

Pasalnya, SUV asal India tersebut sudah terdaftar dalam Permendagri Nomor 1 Tahun 2021 tentang Perhitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor.

Diketahui Kiger untuk Indonesia akan datang dalam dua tipe, yakni RXT dan RXZ. Sementara untuk Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) juga lebih murah dari kembarannya, yakni Nissan Magnite.

Baca juga: Minat Beli Toyota Raize, Siapkan Tanda Jadi Rp 10 Juta

Berdasarkan data, NJKB Kriger dimulai dari Rp 75 juta untuk varian terendah, yakni 1.0 RXT 4x2 M/T dengan nilai Dasar Pengenaan Pajak (DPP) 78,780 juta. Sementara varian tertinggi, 1.0T RXZ 4x2 A/T Rp 79 juta, dengan DPP mencapai Rp 82,950 juta.

Venkatram Mamillapalle, Country CEO & MD, Renault India Operations dengan Renault KIGER pada Acara Peluncuran Global di New DelhiFoto: Renault Venkatram Mamillapalle, Country CEO & MD, Renault India Operations dengan Renault KIGER pada Acara Peluncuran Global di New Delhi

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketika mengkonfirmasikan soal waktu peluncurannya, Davy J Tuilan, Chief Operating Officer Renault Indonesia mengatakan, sampai saat ini statusnya masih menunggu persetujuan dari India.

"Untuk Kiger hanya tinggal menunggu approval for marketing saja, karena di India pun harga resminya juga baru diumumkan. Kalau sudah turun, baru kita bisa mulai," ucap Davy kepada Kompas.com, Selasa (16/2/2021).

Menurut Davy, untuk waktu tepatnya memang belum bisa diprediksi. Tapi dipastikan bila kembaran Nissan Magnite tersebut meluncur tahun ini di Indonesia.

NJKB Renault KigerPERMENDAGRI NJKB Renault Kiger

Begitu persetujuan sudah didapat, maka baru bisa mulai mengambil unit SUV lima penumpang tersebut dari India untuk dikirim dan dipasarkan.

Baca juga: Prediksi Harga Daihatsu Rocky di Indonesia, Setara dengan Xenia

"Untuk waktu tepatnya belum bisa dipastikan, tapi untuk approval-nya sejauh ini sedang dalam proses, artinya sudah mulai berjalan," kata Davy.

Diketahui bila Kiger juga mengusung mesin yang sama dengan Magnite, yakni 3 silinder 1.000 cc turbo dan non-turbo.

Tampilan belakang Renault KigerZIGWHEELS.com Tampilan belakang Renault Kiger

 

Berdasarkan spesifikasi, mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 72 tk dan torsi 96 Nm, sementara untuk varian turbo, sebesar 100 tk dan torsi 160 Nm.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X