Kompas.com - 16/02/2021, 10:42 WIB
Ilustrasi ban mobil KOMPAS.com/RulyIlustrasi ban mobil

JAKARTA, KOMPAS.comBan merupakan satu-satunya komponen yang ada di mobil yang menyentuh dengan aspal. Fungsi ban sangat krusial, menjaga keselamatan ketika sedang mengemudi.

Jika dilihat dari luar, ban memang terbuat dari bahan karet. Namun di bagian dalam ban, terdiri dari benang-benang baja yang disusun sedemikian rupa. Dengan adanya benang baja tersebut, apakah ban bisa berkarat?

On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk. Zulpata Zainal mengatakan, ban bisa berkarat mengingat konstruksinya dari kawat yang dianyam. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan karat pada kawat ban.

Baca juga: Ini Estimasi Harga SUV Murah Setelah Dapat Diskon dan Insentif Pajak 0 Persen

Ilustrasi ban benjoldavinadiaries.com Ilustrasi ban benjol

“Kawat sebenarnya dicoating pakai karet biar tidak saling bergesekan. Kalau kena benda keras atau tajam, akan melukai coating dari baja tersebut,” ucap Zulpata kepada Kompas.com, Senin (15/2/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karena sudah tidak ada coating-nya, ketika terkena air saat hujan atau dicuci, lama-lama akan membuat karat. Zulpata mengatakan, karat memiliki sifat yang mudah menyebar, jika sudah meluas akhirnya antara anyaman lapisan baja bisa terpisah.

Baca juga: Estimasi Harga Honda Jazz dkk Setelah PPnBM 0 Persen dan Diskon

“Anyaman baja (steel belted) 1 akan terpisah dengan steel belted kedua. Ini akan membuat ban terlihat gembung di telapak ban,” kata Zulpata.

Selain itu, karat ini juga bisa disebabkan adanya kerikil tajam yang dibiarkan terus di telapak ban. Akhirnya karena ban dipakai terus, kerikil tadi menusuk anyaman telapak ban dan menusuk steel belted-nya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X