Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perlengkapan Wajib Bikers agar Tetap Nyaman Berkendara di Musim Hujan

Kompas.com - 16/02/2021, 11:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam musim hujan seperti sekarang ini, bisa setiap harinya turun hujan. Kondisi seperti ini tentu akan sedikit mengganggu saat berkendara dengan sepeda motor.

Apalagi, saat hujan yang turun cukup deras. Sebagai bikers, tentu perlu memersiapkan perlengkapan pendukung dalam melakukan mobilitas di jalan.

Baca juga: Musim Hujan, Pemotor Hati-hati Kena Jebakan Lubang Tertutup Air

Tentunya, jas hujan menjadi salah satu perlengkapan yang wajib dibawa. Selain jas hujan, ada juga perlengkapan lain yang bisa digunakan agar tetap nyaman berkendara di tengah hujan sekalipun.

Perlengkapan bikers saat musim hujanDok. AHM Perlengkapan bikers saat musim hujan

Manager Safety Riding PT Astra honda Motor (AHM) Johanes Lucky, mengatakan, pemilihan perlengkapan bikers dalam menghadapi hujan tentu akan mendukung keselamatan dan keamanan berkendara.

Beberapa perlengkapan bikers saat hujan, secara fungsi pasti dapat terpenuhi, namun perlu lebih cermat lagi dalam memilih jenis dan desain dari perlengkapan-perlengkapan tersebut.

“Kecermatan kita sebagai bikers dalam memilih perlengkapan mengendarai sepeda motor saat hujan tentu akan semakin mendukung kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Pemilihan warna, desain, dan jenis bahan dapat menjadi pertimbangan agar kita tetap saling menjaga keselamatan berkendara di jalan,” ujar Lucky, dalam keterangan resminya.

Baca juga: Berkendara Jauh di Musim Hujan, Begini Persiapannya

Pahami prosedur standar bersepeda motor di jalanan basah. Sepeda motor saat hujanKompas/Iwan Setiawan Pahami prosedur standar bersepeda motor di jalanan basah. Sepeda motor saat hujan

Berikut ini 4 perlengkapan berkendara di musim hujan yang dapat digunakan:

1. Jas Hujan
Disarankan untuk memlilih jenis jas hujan model outfit atau setelan bagian bawah dan atas yang terpisah. Dengan memilih model ini, dapat membuat pengendara bebas bergerak dan menghindari potensi bagian jas hujan tersangkut di sepeda motor atau pengguna jalan lain.

"Pilihan warna yang cerah lebih disarankan agar memudahkan pengguna jalan lain mengidentifikasi kita sebagai pengendara. Penggunaan sticker reflective pada jas hujan juga disarankan apabila jas hujan anda berwarna gelap," kata Lucky.

2. Sarung Tangan
Sarung tangan berfungsi untuk melindungi area tangan dengan tetap menjaga kemampuan pengendalian sepeda motor. Pilih sarung tangan yang menutupi seluruh ruas jari dan untuk menghadapi kondisi hujan.

"Pilihlah bahan kulit yang memiliki daya serap air yang rendah, sehingga tidak licin saat harus memutar tuas gas saat hujan dan tetap nyaman dipakai," ujar Lucky.

Baca juga: 5 Kebiasaan Nyeleneh Pengendara Motor Saat Hujan

Pengendara motor melintas di jalan perkampungan yang tergenang banjir berwarna merah di Jenggot, Pekalongan, Jawa Tengah, Sabtu (6/2/2021). Menurut warga setempat, air banjir berwarna merah itu disebabkan oleh pencemaran limbah pewarna batik berwarna merah karena di lokasi tersebut terdapat ratusan pelaku usaha batik.ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra Pengendara motor melintas di jalan perkampungan yang tergenang banjir berwarna merah di Jenggot, Pekalongan, Jawa Tengah, Sabtu (6/2/2021). Menurut warga setempat, air banjir berwarna merah itu disebabkan oleh pencemaran limbah pewarna batik berwarna merah karena di lokasi tersebut terdapat ratusan pelaku usaha batik.

3. Sarung Sepatu
Pemilihan sarung sepatu disarankan sesuai dengan ukuran sepatu yang digunakan. Sehingga, pengikat pada sarung sepatu pun dapat lebih kuat dan tidak mudah lepas ketika mengikuti pergerakan sepatu.

"Telapak sarung sepatu memiliki cengkraman yang baik seperti halnya sepatu untuk menghindari terpeleset di bar step saat melakukan pengereman, maupun saat menapak. Sebagai pilihan lain, bikers juga dapat menggunakan sepatu berkendara yang memang dirancang anti air," kata Lucky.

4. Cairan Anti Embun
Penggunaan cairan anti embun juga dapat menjadi pilihan untuk digunakan pada kaca helm. Sehingga, mengurangi potensi menurunnya ketajaman mata saat berkendara karena munculnya embun di kaca helm.

Berkendara saat hujan merupakan aktifitas yang memiliki potensi bahaya cukup tinggi, mulai dari jarak pandang yang berkurang, jalan licin maupun angin kencang yang menerpa pengendara. Jadi sangat disarankan apabila hujan semakin deras dan kondisi tidak mendukung sebaiknya tidak berkendara dalam hujan," ujar Lucky.

Lucky menambahkan, penting untuk menerapkan 5P dalam berkendara, yaitu pastikan badan sehat sebelum berkendara, periksa kondisi kendaraan, pakailah helm standar dan jaket, patuhi rambu lalu lintas dan persiapkan surat-surat berkendara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com