Perlengkapan Wajib Bikers agar Tetap Nyaman Berkendara di Musim Hujan

Kompas.com - 16/02/2021, 11:22 WIB
Perlengkapan bikers saat musim hujan Dok. AHMPerlengkapan bikers saat musim hujan

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam musim hujan seperti sekarang ini, bisa setiap harinya turun hujan. Kondisi seperti ini tentu akan sedikit mengganggu saat berkendara dengan sepeda motor.

Apalagi, saat hujan yang turun cukup deras. Sebagai bikers, tentu perlu memersiapkan perlengkapan pendukung dalam melakukan mobilitas di jalan.

Baca juga: Musim Hujan, Pemotor Hati-hati Kena Jebakan Lubang Tertutup Air

Tentunya, jas hujan menjadi salah satu perlengkapan yang wajib dibawa. Selain jas hujan, ada juga perlengkapan lain yang bisa digunakan agar tetap nyaman berkendara di tengah hujan sekalipun.

Perlengkapan bikers saat musim hujanDok. AHM Perlengkapan bikers saat musim hujan

Manager Safety Riding PT Astra honda Motor (AHM) Johanes Lucky, mengatakan, pemilihan perlengkapan bikers dalam menghadapi hujan tentu akan mendukung keselamatan dan keamanan berkendara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa perlengkapan bikers saat hujan, secara fungsi pasti dapat terpenuhi, namun perlu lebih cermat lagi dalam memilih jenis dan desain dari perlengkapan-perlengkapan tersebut.

“Kecermatan kita sebagai bikers dalam memilih perlengkapan mengendarai sepeda motor saat hujan tentu akan semakin mendukung kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Pemilihan warna, desain, dan jenis bahan dapat menjadi pertimbangan agar kita tetap saling menjaga keselamatan berkendara di jalan,” ujar Lucky, dalam keterangan resminya.

Baca juga: Berkendara Jauh di Musim Hujan, Begini Persiapannya

Pahami prosedur standar bersepeda motor di jalanan basah. Sepeda motor saat hujanKompas/Iwan Setiawan Pahami prosedur standar bersepeda motor di jalanan basah. Sepeda motor saat hujan

Berikut ini 4 perlengkapan berkendara di musim hujan yang dapat digunakan:

1. Jas Hujan
Disarankan untuk memlilih jenis jas hujan model outfit atau setelan bagian bawah dan atas yang terpisah. Dengan memilih model ini, dapat membuat pengendara bebas bergerak dan menghindari potensi bagian jas hujan tersangkut di sepeda motor atau pengguna jalan lain.

"Pilihan warna yang cerah lebih disarankan agar memudahkan pengguna jalan lain mengidentifikasi kita sebagai pengendara. Penggunaan sticker reflective pada jas hujan juga disarankan apabila jas hujan anda berwarna gelap," kata Lucky.

2. Sarung Tangan
Sarung tangan berfungsi untuk melindungi area tangan dengan tetap menjaga kemampuan pengendalian sepeda motor. Pilih sarung tangan yang menutupi seluruh ruas jari dan untuk menghadapi kondisi hujan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.