Pertamina Ungkap Perannya di Industri Baterai Kendaraan Listrik

Kompas.com - 15/02/2021, 12:31 WIB
Pertamina resmikan SPKLU komersial pertamanya di Fatmawati PertaminaPertamina resmikan SPKLU komersial pertamanya di Fatmawati

JAKARTA, KOMPAS.com - Bersama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang tergabung dalam Indonesia Battery Holding (IBH), PT Pertamina (Persero) menegaskan perannya dalam pengembangan ekosistem kendaran listrik di Tanah Air.

Seperti diketahui, selain Pertamina, ada tiga BUMN lainnya yang tergabung dalam IBH, yakni PT PLN, PT Aneka Tambang, dan MIND ID. Semuanya akan berkolaborasi membangun pabrik baterai serta ekosistemnya dari hulu hingga hilir.

Ada tujuh tahapan penting yang akan dilalui dalam rangka pengembangan ekosistem electric vehicle (EV) battery , yakni mining, refining, precursor plant, cathode plant, battery cell, battery pack, dan recycling.

Nicke Widyawati, Direktur Utama Pertamina mengatakan, pihaknya akan bergerak pada empat lini tengah, yakni precursor, cathode, battery cell, dan battery pack.

Baca juga: Peta Jalan Pengembangan Baterai EV di Indonesia sampai 2027

Ilustrasi baterai untuk mobil elektrifikasiSHUTTERSTOCK/ROMAN ZAIETS Ilustrasi baterai untuk mobil elektrifikasi

Sementara pada tahap recycling, Pertamina bakal bersinergi dengan PLN, dan di hulu akan menjadi lingkup kerja Antam bersama Inalum.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pengembangan industri baterai yang potensi besar di Indonesia itu ada dua yakni untuk mobility, khususnya two wheels atau motor yang potensinya lebih cepat dibandingkan four wheels," ujar Nicke dalam keterangan resminya, Minggu (14/2/2021).

Sementara yang kedua adalah Energy Storage System (ESS). Menurut Nicke, peluang pengembangan ESS ini cukup besar di Indonesia, karena terdapat potensi untuk menjaga kehandalan suplai dari PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya).

"ESS ini pasar yang besar. Sehingga di masa depan, Pertamina pun akan masuk ke sana," kata Nicke.

Baca juga: Pertamina Bakal Konversi Kilang BBM Dukung Kendaraan Listrik

Pertamina resmikan SPKLU komersial pertamanya di FatmawatiPertamina Pertamina resmikan SPKLU komersial pertamanya di Fatmawati

Tak hanya itu, Nicke juga mengatakan tahun ini Pertamina bersama 3 BUMN lain akan membentuk perusahaan patungan (joint venture) Indonesia Battery Corporation/IBC.

Pertamina juga sudah bekerja sama dengan dua perusahaan global dan sedang menjajaki kerja sama dengan perusahaan lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.