Transaksi Tol Tanpa Berhenti Siap Diterapkan 2022

Kompas.com - 31/01/2021, 12:01 WIB
Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama 2. Dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk.Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama 2.
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Implementasi penerapan sistem transaksi tol non tunai nirsentuh berbasis Multilane Free Flow (MLFF) tampaknya segera menjadi kenyataan. Rencananya, bayar tol tanpa berhenti ini bisa dimulai pada awal 2022.

Hal ini bisa terjadi sebab Roatex Ltd Zrt, perusahaan yang berbasis di Hungaria, telah ditetapkan sebagai pemenang tender Badan Usaha Pelaksana (BUP) proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) untuk sistem transaksi ini.

Muslifin Dahlan, Chief Representative Roatex Ltd Zrt, mengatakan, penerapan sistem transaksi ini akan menggandeng PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk.

Baca juga: Soal Tilang Elektronik; Tak Perlu Sidang, Denda Maksimal dan Uang Sisa Dikembalikan

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat 131.679 kendaraan meninggalkan Jakarta dari arah timur melalui Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama 1 dan GT Kalihurip Utama 1 selama dua hari Libur Tahun Baru 2021.Jasa Marga PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat 131.679 kendaraan meninggalkan Jakarta dari arah timur melalui Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama 1 dan GT Kalihurip Utama 1 selama dua hari Libur Tahun Baru 2021.

Menurutnya, dipilihnya dua perusahaan BUMN itu lantaran pengalaman panjang di bidangnya masing-masing, terkait konstruksi dan pengelolaan tol, serta teknologi informasi dan komunikasi.

“Jasa Marga merupakan badan usaha jalan tol (BUJT) pemegang konsesi jalan tol terpanjang di Indonesia dan punya pengalaman mengoperasikan jalan tol lebih dari empat dekade. ” ujar Muslifin, disitat dari laman Kompas Properti (31/1/2021).

Muslifin juga mengatakan, pihaknya telah melakukan pembicaraan awal bersama Jasa Marga dan Telkom terkait penerapan sistem transaksi tol berbasis MLFF.

Baca juga: Bus Medium di Indonesia Kenapa Makin Mirip Modelnya dengan Big Bus?

Lalu lintas kendaraan di Tol Dalam Kota Jakarta tampak padat pada jam pulang kerja di hari ketiga pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap dua, Rabu (16/9/2020). Pembatasan kendaraan bermotor melalui skema ganjil genap di berbagai ruas Ibu Kota resmi dicabut selama PSBB tahap dua.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Lalu lintas kendaraan di Tol Dalam Kota Jakarta tampak padat pada jam pulang kerja di hari ketiga pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap dua, Rabu (16/9/2020). Pembatasan kendaraan bermotor melalui skema ganjil genap di berbagai ruas Ibu Kota resmi dicabut selama PSBB tahap dua.

“Sementara Telkom memiliki jaringan luas di wilayah operasi kita. Hasil pembicaraan dan pembahasan mengenai hal itu akan disampaikan setelah kami menyelesaikan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Kementerian PUPR,” katanya.

Untuk diketahui, transaksi tol non tunai nirsentuh sudah digunakan di beberapa negara maju di dunia. Teknologi ini dapat memudahkan pengendara mobil karena dapat masuk jalan tol tanpa hambatan dan antrean.

Sebuah sistem pembayaran canggih akan dipasang di mobil dan dibaca lewat satelit saat masuk tol. Sederhananya, teknologi ini akan menggantikan uang elektronik yang biasa Anda gunakan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X