Mengenal Apa Itu Sasis dan Bodi pada Mobil

Kompas.com - 31/01/2021, 09:21 WIB
Rawat bodi mobil sendiri Stanly/OtomaniaRawat bodi mobil sendiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang yang paham mengenai apa itu bodi dan sasis pada mobil. Padahal, keduanya merupakan bagian yang paling penting ketika sebuah mobil dibuat.

Mengutip dari buku "Pengenalan Bodi Otomotif" karangan Buntarto, bagian mobil terbagi dalam dua kelompok besar, yaitu bodi dan sasis.

Bodi itu sendiri dibentuk sedemikian rupa dan terbuat dari bahan pelat logam yang tebalnya antara 0,6 mm-0,9 mm sebagai tempat penumpang ataupun barang.

Baca juga: Bus Medium di Indonesia Kenapa Makin Mirip Modelnya dengan Big Bus?

Konstruksi bodi itu sendiri terbagi menjadi dua, yakni terpisah (composite) dan menyatu (monokok).

Jenis yang terpisah itu bodi dan rangkanya tidak menyatu, sedangkan yang menyatu antara bodi dan rangka tersusun menjadi satu kesatuan.

Sasis Skyactiv Mazda MX-5 Autoexpress Sasis Skyactiv Mazda MX-5

Sementara itu, sasis adalah bagian dari kendaraan yang berfungsi sebagai penopang bodi. Pada awal perkembangan teknologi bodi dan rangka, keduanya dibuat secara terpisah, tetapi belakangan dibuat menyatu (bodi monokok) atau disebut juga integral bodi, contohnya pada sedan.

Sasis itu sendiri memiliki beberapa jenis, seperti Ladder Frame. Pengertiannya merupakan sasis yang bentuknya menyerupai tangga dan biasanya terbuat dari material baja simetris, terkadang diperkuat besi menyilang agar tetap menjaga kekuatan strukturnya.

Baca juga: Mikrotrans Punya Rute Baru, Trayek Tanjung Priok–Ancol Barat

Selanjutnya monokok, pada sasis jenis ini bodi mobil berfungsi sebagai sasis sehingga bentuknya sangat tergantung dari model mobilnya itu sendiri. Kekuatan utamanya terdapat pada lembaran baja yang disatukan.

Akhir-akhir ini mobil penumpang ringan banyak menggunakan rangka terpisah, kemudian dilas dengan bodi menjadi satu unit dan biasa disebut bodi monokok.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X