Hari Ini, Flyover Tapal Kuda Mulai Dibuka untuk Uji Coba

Kompas.com - 31/01/2021, 11:11 WIB
Foto aerial pembangunan jalan layang tapal kuda di kawasan Lenteng Agung, Jakarta, Rabu (5/8/2020). Menurut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, progres pembangunan jalan layang tapal kuda di Lenteng Agung sudah mencapai 75 persen dan ditargetkan selesai pada bulan Desember 2020. ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTAFoto aerial pembangunan jalan layang tapal kuda di kawasan Lenteng Agung, Jakarta, Rabu (5/8/2020). Menurut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, progres pembangunan jalan layang tapal kuda di Lenteng Agung sudah mencapai 75 persen dan ditargetkan selesai pada bulan Desember 2020.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Bina Marga, membuka Flyover Lenteng Agung dan Tanjung Barat, di Jakarta Selatan.

Pembukaan jalan layang berbentuk tapal kuda tersebut, dilakukan dalam rangka untuk uji coba yang akan berlangsun selama tiga hari.

Masyarakat pengguna kendaraan bermotor bisa menjajal Flyover Tanjung Barat dan Lenteng Agung mulai hari ini (31/1/2021) sampai 2 Februari pukul 21.00 WIB. Untuk detailnya sebagai berikut :

1. Minggu, 31 Januari 2021, jam 08.00 - 21.00 WIB
2. Senin, 1 Februari 2021, jam 06.00 - 21.00 WIB
3. Selasa, 2 Februari 2021, jam 06.00 - 21.00 WIB

Baca juga: Kena Proyek Kereta Cepat, Gerbang Tol Pondok Gede Timur 2 Dipindah

Kepala Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan, uji coba kedua flyover berbentuk tapal kuda yang merupakan model pertama di Indonesia, dilakukan sebagai langkah sebelum pengoperasian resminya.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Bina Marga Jakarta (@binamargadki)

 

"Maksud dan tujuan dari uji coba untuk pengoperasian flyover. Setelah dari uji coba, akan diadakan evaluasi atas kekurangan pekerjaan yang ada di lapangan, seperti marka, rambu, dan kelengkapan jalan," ucap Hari dari MegapolitanKompas, Minggu (31/1/2021).

Menurut Hari, meski dibuka untuk uji coba, namun ada beberapa proses pengerjaan yang masih berjalan di sekitar lokasi, yakni pembangunan Jembatan Penyebrangan Orang (JPO).

Genteng-genteng di sekitar Fly Over Tapal Kuda, Lenteng Agung, Jagakarsa, Jakarta Selatan dicat.Dok. Sudin Kominfotik Jakarta Selatan Genteng-genteng di sekitar Fly Over Tapal Kuda, Lenteng Agung, Jagakarsa, Jakarta Selatan dicat.

Lantaran itu, setelah uji coba berakhir flyover tidak akan langsung dibuka untuk umum, namun dilakukan eveluasi lebih lanjut sebelum nantinya benar-benar sudah bisa digunakan sepenuhnya.

Baca juga: Akhir Pekan Ini, Tarif Baru Tol BORR Berlaku

"Masih ada penyelesaian pekerjaan di jalan samping Flyover Tanjung Barat sisi timur dan selatan karena masih berprogres untuk proses pembebasan tanahnya," ucap Hari.

Kehadiran Flyover Tanjang Barat dengan panjang 1.120 meter dan 880 meter untuk Flyover Lenteng Agung diklaim menjadi solusi untuk mengurai kemacetan yang biasa terjadi di sekitar lokasi.

Foto aerial pembangunan jalan layang tapal kuda di kawasan Lenteng Agung, Jakarta, Rabu (5/8/2020). Menurut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, progres pembangunan jalan layang tapal kuda di Lenteng Agung sudah mencapai 75 persen dan ditargetkan selesai pada bulan Desember 2020.ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA Foto aerial pembangunan jalan layang tapal kuda di kawasan Lenteng Agung, Jakarta, Rabu (5/8/2020). Menurut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, progres pembangunan jalan layang tapal kuda di Lenteng Agung sudah mencapai 75 persen dan ditargetkan selesai pada bulan Desember 2020.

 

Selain itu juga bisa memimalkan kecelakaan lalu lintas dengan kereta api dengan ditutupnya perlintasan sebidang.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.