Jangan Salah, Aki Mobil Bensin dan Diesel Tidak Sama

Kompas.com - 31/01/2021, 11:41 WIB
Deretan jenis aki yang dijual di salah satu bengkel Shop And Drive di Depok, Jumat (9/3/2018). Kompas.com/Alsadad RudiDeretan jenis aki yang dijual di salah satu bengkel Shop And Drive di Depok, Jumat (9/3/2018).
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Akumulator atau aki menjadi komponen utama pada kendaraan roda empat.

Perangkat penyimpan arus listrik itu mempunyai tugas yang cukup vital yakni sebagai komponen inti saat akan menghidupkan mesin mobil.

Setiap kendaraan roda empat mempunyai aki dengan ukuran maupun tipe yang berbeda-beda. Misalkan, untuk mobil mesin bensin dengan jenis diesel tidaklah sama.

Perbedaan ini salah satunya karena menyesuaikan dengan spesifikasi kendaraannya, mengingat keduanya mempunyai sistem mesin yang berbeda.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa KTP Jadi Syarat Wajib Saat Bayar Pajak Kendaraan

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, perbedaan jenis ini disebabkan karena tenaga yang dibutuhkan ketika pertama kali menyalakan mesin berbeda.

BMW X2 xDrive20d M Sport mengadopsi mesin diesel yang mampu menghasilkan tenaga 190 tk.Kompas.com - Wisnu Nugroho BMW X2 xDrive20d M Sport mengadopsi mesin diesel yang mampu menghasilkan tenaga 190 tk.

Di mana rata-rata mobil dengan mesin diesel mempunyai spesifikasi mesin yang lebih besar dibandingkan mobil bensin.

“Ini karena adanya perbedaan dalam kapasitas mesinnya, sehingga tenaga yang dibutuhkan juga berbeda. Misalkan, di mesin diesel untuk memanaskan glow plug saat awal starter juga lebih besar,” ujar Didi kepada Kompas.com, Minggu (31/1/2021).

Bahkan, Didi menambahkan, untuk mobil dengan mesin keluaran lama membutuhkan akumulator dengan spesifikasi ampere yang cukup besar hingga mencapai 100 ampere.

“Untuk mesin lama yang membutuhkan waktu untuk memanaskan glow plug itu sampai 100 ampere. Kalau mesin sekarang relatif lebih kecil 70-an ampere saja,” tuturnya.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa KTP Jadi Syarat Wajib Saat Bayar Pajak Kendaraan

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengungkapkan, perbedaan sistem kerja kedua tipe mesin tersebut membuat penggunaan jenis atau spesifikasi aki pun juga berbeda.

Ilustrasi mesin bensin berkapasitas besar V6 4.000 cc yang dimiliki Toyotawikipedia.org Ilustrasi mesin bensin berkapasitas besar V6 4.000 cc yang dimiliki Toyota

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X