Bus Medium di Indonesia Kenapa Makin Mirip Modelnya dengan Big Bus?

Kompas.com - 30/01/2021, 17:22 WIB
Bus Pariwisata PO SS Trans Karoseri LaksanaBus Pariwisata PO SS Trans

JAKARTA, KOMPAS.comBus yang ada di jalanan, tidak hanya berukuran besar saja, melainkan ada yang sedang atau medium bus. Secara dimensi, medium bus memiliki panjang tidak lebih dari 9 meter, lebar maksimal 2,1 meter dan tinggi sekitar 3,2 meter.

Jika dilihat desainnya, bus medium zaman sekarang biasanya mengikuti desain dari big bus. Misalnya saja di Adiputro dan Laksana, desain bus mediumnya mirip dengan big bus, mulai dari penggunaan bando, sampai selendangnya.

Lalu mengapa bisa begitu?

Baca juga: Penyebab Pengemudi Sumbu Pendek di Jalanan Indonesia

jetbus 3+ medium busKompas.com/Fathan Radityasani jetbus 3+ medium bus

Design Development Karoseri New Armada Deddy Hermawan mengatakan, berbeda dengan big bus yang mengambil desain dari luar negeri, desain bus medium tidak mengikuti tren dari luar negeri.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Mungkin dikarenakan perbedaan perbedaan dan fungsinya, maka tidak mengikuti desain bus medium yang ada di luar negeri,” ucap Deddy kepada Kompas.com, Sabtu (30/1/2021).

Deddy menjelaskan, referensi bus medium yang ada di luar negeri adalah berjenis Coaster, seperti Mitsubishi Rosa, Toyota Coaster, Nissan Civilian dan lainnya. Namun model Coaster ini tidak begitu diminati di Indonesia.

Baca juga: Lorenzo Heran Yamaha Pindahkan Rossi ke Tim Satelit

“Karena informasi genre coaster memang tidak seheboh genre bus-bus besar, apalagi bus medium pada waktu itu dibangun di atas chassis truk yg mungkin cocok dengan kondisi medannya,” kata Deddy.

Oleh karena itu, mengapa saat ini desain bus medium menyerupai kakaknya yang lebih besar dimensinya. Deddy mengatakan, apapun tren di bus besar, bus medium akan mengikutinya.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X