Banyak yang Belum Tahu, Ini Arti Tiga Warna Lampu Indikator pada Mobil

Kompas.com - 31/01/2021, 08:41 WIB
Generasi ketiga Daihatsu Sirion meluncur di Jakarta, Selasa (13/1/2018). Desain panel instrument baru, kekinian. Febri Ardani/KompasOtomotifGenerasi ketiga Daihatsu Sirion meluncur di Jakarta, Selasa (13/1/2018). Desain panel instrument baru, kekinian.

JAKARTA, KOMPAS.com - Lampu indikator yang ada pada dasbor mobil, bukanlah sesuatu yang baru.

Akan tetapi, masih banyak pengemudi belum mengerti sepenuhnya makna dari indikator tersebut, padahal produsen sudah membuatnya agar mudah dipahami.

Indikator berupa lambang atau lampu yang terletak pada panel instrumen dasbor mobil memberi petunjuk, atau berbagai informasi penting kondisi mobil pada saat itu.

Hal ini penting agar ketika mobil mengalami gangguan (seperti yang ditunjukkan pada panel indikator) bisa segera ditangani atau diantisipasi.

Baca juga: Bus Medium di Indonesia Kenapa Makin Mirip Modelnya dengan Big Bus?

Seperti dikutip dari buku berjudul "Pengenalan Bodi Otomotif" karangan Buntarto, mengenai konstruksi dalam kendaraan dituliskan, jangan sampai mengabaikan lampu indikator. Karena dapat berakibat fatal jika ditinggalkan.

Selain melalui lambang atau gambar, lampu indikator juga menyampaikan pesannya melalui warna.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada umumnya terdapat tiga warna berbeda, hijau, kuning dan merah (seperti lampu lalu lintas).

Lampu indikator aki pada mobilcartreatments.com Lampu indikator aki pada mobil

Setiap warna memiliki tingkat perhatian yang berbeda. Sebagai cara sederhana, pahami dan kenalilah arti dan maksud dari indikator tersebut, salah satunya dengan skala prioritas berdasarkan warna.

Baca juga: Mikrotrans Punya Rute Baru, Trayek Tanjung Priok–Ancol Barat

Pertama, warna hijau. Ini menandakan bahwa komponen tersebut sedang bekerja atau digunakan.

Kedua, warna kuning. Ini menandakan bahwa terdapat kondisi yang membutuhkan perhatian dari pengemudi, baik pengecekan ataupun sekedar peringatan untuk berhati-hati (waspada).

Umumnya petunjuk dengan warna ini masih memungkinkan pengemudi untuk tetap berkendara.

Ketiga, warna merah. Ini menandakan sebuah peringatan yang mendesak dan dapat berakibat fatal. Jika warna ini muncul, maka disarankan untuk segera berhenti dan secepatnya mengatasi masalah tersebut. warna ini juga mengindikasikan bahaya terhadap keselamatan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X