Permudah Pemilik Kendaraan Listrik untuk Isi Baterai, PLN Hadirkan Charge-IN

Kompas.com - 29/01/2021, 18:01 WIB
Pertamina resmikan SPKLU komersial pertamanya di Fatmawati PertaminaPertamina resmikan SPKLU komersial pertamanya di Fatmawati
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) menghadirkan aplikasi Charge-IN untuk memudahkan para pengguna kendaraan listrik dalam proses pengisian baterainya.

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengatakan, layanan yang terintegrasi secara langsung dengan Stasun Pengisian Kendaraan Listrik Umum atau SPKLU di Indonesia ini merupakan salah satu komitmen perseroan dalam mendukung era elektrifikasi.

"Untuk melengkapi dan merealisasikan ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB), kami menghadirkan platform charging station management system, yaitu aplikasi Charge.IN," ujarnya dalam konferensi virtual, Jumat (29/1/2021).

Baca juga: Baru Bisa Nyetir Mobil, Jangan Langsung Terjun ke Jalan Raya

Ilustrasi mobil listrik Hyundai Kona EV tengah diisi ulang dayanya.UNPLASH.com Ilustrasi mobil listrik Hyundai Kona EV tengah diisi ulang dayanya.

Ia menambahkan, aplikasi ini bisa mengontrol dan memonitor pengisian baterai mobil atau sepeda motor listrik di SPKLU mulai dari besaran daya yang disalurkan ke kendaraan, lama waktu pengisian, hingga biayanya.

"Pengguna juga bisa dipandu untuk menemukan SPKLU terdekat sesuai titik koordinat. Aplikasi Charge.IN sudah terhubung dengan layanan pembayaran dan dompet digital milik BUMN, LinkAja," ujar Zulkifli.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Kemenhub Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik pada Transportasi Umum

PLN berharap kehadiran aplikasi Charge.IN bisa mendorong penggunaan kendaraan listrik lebih masif dalam beberapa waktu ke depan, demi terciptanya udara yang lebih bersih, ramah lingkungan, dan mengurangi konsumsi dan impor BBM.

Saat ini, aplikasi baru tersedia di Play Store atau untuk pengguna ponsel Android.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X