Kompas.com - 27/01/2021, 18:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasaki resmi melansir motor baru Kawasaki KLR 650. Motor dual purpose ini lahir kembali setelah sempat disuntik mati pada 2018.

Kawasaki tampaknya belum rela jika KLR 650 harus benar- benar dikubur. Apalagi KLR 650 punya portofolio yang cukup panjang dan sudah hadir sejak 1987.

Kawasaki KLR 650Foto: Paultan.og Kawasaki KLR 650

Secara desain bagian depan KLR 650 sedikit mengikatkan dengan Versys 250 tapi lebih kekar. Sepatbor depannya off road berbeda dengan Versys 650 yang lebih adventure touring.

Baca juga: Kawasaki Binter KZ200 Chopper, Bukan Sekadar Motor Pameran

Panel instrumen LCD digital menggantikan analog di model lama. Tersedia pula soket USB buat pengisian gawai dan grip dengan pemanas sebagai fitur tambahan.

Kawasaki KLR 650Foto: Paultan.org Kawasaki KLR 650

Sebagai motor dua alam, kaki-kaki dibekali suspensi depan teleskopik diameter 41 mm dan suspensi belakang monoshock dengan preload yang bisa diatur.

Pelek depan 21 inci dan belakang 17 inci memastikan motor bisa melalui medan berat. Sedangkan sasisnya dirancang untuk mendapatkan geometri yang lebih ideal.

Kawasaki KLR 650Foto: Paultan.org Kawasaki KLR 650

Pengereman depan cakram 300 mm dijepit kaliper piston ganda, sedangkan belakang cakram 240 mm dijepit piston tunggal. Ada dua versi yang tersedia yaitu ABS dan non ABS.

Baca juga: Pilihan Motor Sport 250 cc Bekas, Kawasaki Ninja Mulai Rp 16 Jutaan

Mesinnya silinder tunggal 652 cc sama seperti sebelumnya, namun kini sudah injeksi. Kawasaki mengatakan output tenaga meningkat tapi tidak dirinci lebih lanjut.

Kawasaki KLR 650Foto: Paultan.org Kawasaki KLR 650

Adapun torsinya 54 Nm pada 4.500 rpm. Daya tersebut dikawinkan dengan girboks lima percepatan yang ditingkatkan supaya perpindahan gigi lebih halus.

Di Amerika Serikat, KLR 650 punya empat varian, yaitu standar, ABS, Traveller dan KLR 650 Adventure yang paling lengkap. Banderolnya 6.999 dollar AS atau setara Rp 94,3 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.