Jangan Lakukan Hal Ini jika Motor Mogok Usai Terjang Banjir

Kompas.com - 26/01/2021, 08:12 WIB
Terabas banjir Foto: WinNetNewsTerabas banjir

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat hujan deras berlangsung cukup lama, tak jarang terjadi genangan air yang tinggi atau banjir. Banyak juga pengendara sepeda motor nekat melewati banjir tersebut.

Technical Service Division PT Astra Honda Motor Endro Sutarno mengatakan, jika nekat menerabas banjir atau genangan air yang cukup tinggi dan motor mengalami mogok, sebaiknya motor jangan langsung dinyalakan.

Baca juga: Hujan Deras, Sejumlah Akses Jakarta Terendam Banjir

“Sangat tidak disarankan untuk langsung menyalakan mesinnya, khawatir bagian kelistrikan masih banyak airnya,” kata Endro, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Motor terabas banjirFoto: Motorplus-online Motor terabas banjir

Endro menambahkan, jika ingin coba dinyalakan, pastikan dulu sebelumnya kondisi motor benar-benar kering, terutama di bagian saringan udaranya.

Sebab, jika saringan atau filter sampai basah, lalu mesin coba dinyalakan dengan menggunakan kick starter, air yang terserap di filter berpotensi masuk ke ruang mesin.

“Kalau punya kemampuan, bisa periksa komponen kelistrikan, saringan udara, busi, knalpot, baterai, sampai karburator jika motornya belum injeksi. Namun jika tidak, segera bawa ke bengkel resmi terdekat,” ujar Endro.

Baca juga: Batas Aman Motor kalau Terjang Banjir

Setelah itu, cek kondisi oli mesin. Pastikan oli mesin masih dalam kondisi normal, bisa dilihat dari warnanya yang belum berubah. Jika sudah berubah seperti kopi susu atau mulai keputih-putihan, jangan tunda ganti oli.

“Lalu untuk oli, kalau sudah tercampur air, langsung diganti. Jangan menunda pengecekan jika motor sudah terendam banjir dalam waktu yang cukup lama,” kata Endro.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X