Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Kesalahan Soal Spion yang Paling Sering Dilakukan Pemotor

Kompas.com - 25/01/2021, 14:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Fungsi spion sangat penting pada kendaraan bermotor termasuk sepeda motor. Spion berguna untuk membantu pengendara melihat area belakang.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, ada dua kesalahan yang paling sering dilakukan oleh pengendara terkait spion motor.

Baca juga: Masih Banyak yang Belum Paham, Ini Fungsi Tuas pada Spion Tengah

"Mengganti kaca spion standar lebih kecil atau menempatkan spion di bagian yang sulit untuk dilihat oleh mata pengendara," kata Agus kepada Kompas.com, Senin (25/1/2021).

 

Ilustrasi berkendara saat hujanmotorcyclenews.com Ilustrasi berkendara saat hujan

Spion yang terlalu kecil dan sulit dilihat membuat area blindspot semakin besar. Sebab motor juga punya blindspot atau titik buta.

"Spion standar bawaan pabrik saja mempunyai keterbatasan pandangan karena tidak bisa menyajikan seluruh area bagian belakang," katanya.

Baca juga: Estetika Spion Bus Tanduk dan Fungsinya

"Sehingga pengendara perlu menengok ke bagian samping kanan atau kiri untuk melihat area blindspot dari kaca spion," kata Agus.

Pindah jalur

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), mengatakan, maka dari itu, pengendara motor disarankan untuk menengok saat akan pindah jalur.

"Kaca spion itu bidang pandangnya berjarak sekitar satu meter dari badan motor. Padahal, saat di jalan bisa saja ada kendaraan lain di kiri kanan yang tidak terlihat," kata Jusri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com