2 Kesalahan Soal Spion yang Paling Sering Dilakukan Pemotor

Kompas.com - 25/01/2021, 14:41 WIB
Spion Motor KOMPAS.com/GilangSpion Motor
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Fungsi spion sangat penting pada kendaraan bermotor termasuk sepeda motor. Spion berguna untuk membantu pengendara melihat area belakang.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, ada dua kesalahan yang paling sering dilakukan oleh pengendara terkait spion motor.

Baca juga: Masih Banyak yang Belum Paham, Ini Fungsi Tuas pada Spion Tengah

"Mengganti kaca spion standar lebih kecil atau menempatkan spion di bagian yang sulit untuk dilihat oleh mata pengendara," kata Agus kepada Kompas.com, Senin (25/1/2021).

 

Ilustrasi berkendara saat hujanmotorcyclenews.com Ilustrasi berkendara saat hujan

Spion yang terlalu kecil dan sulit dilihat membuat area blindspot semakin besar. Sebab motor juga punya blindspot atau titik buta.

"Spion standar bawaan pabrik saja mempunyai keterbatasan pandangan karena tidak bisa menyajikan seluruh area bagian belakang," katanya.

Baca juga: Estetika Spion Bus Tanduk dan Fungsinya

"Sehingga pengendara perlu menengok ke bagian samping kanan atau kiri untuk melihat area blindspot dari kaca spion," kata Agus.

Pindah jalur

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), mengatakan, maka dari itu, pengendara motor disarankan untuk menengok saat akan pindah jalur.

"Kaca spion itu bidang pandangnya berjarak sekitar satu meter dari badan motor. Padahal, saat di jalan bisa saja ada kendaraan lain di kiri kanan yang tidak terlihat," kata Jusri



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X