Kompas.com - 25/01/2021, 14:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi jalan bisa bermacam-macam, seperti berlubang, retak, dan lainnya. Tak menutup kemungkinan mobil menghantam lubang dan mengakibatkan pelek menjadi peang.

Kondisi pelek peang dapat memengaruhi kenyamanan dan keamanan berkendara. Tapi, ada cara khusus untuk mengemudikan mobil dalam kondisi tersebut.

Baca juga: Faktor Penyebab Pelek Peang Saat Melibas Lubang di Jalan Tol

Marcell Kurniawan, Training Director dari The Real Driving Centre (RDC), mengatakan, dalam kondisi pelek peang yang harus dilakukan adalah mengurangi kecepatan dan mengemudi sehati-hati mungkin.

Pelek peyang, bisa diservis dengan cara di-press.Donny Apriliananda Pelek peyang, bisa diservis dengan cara di-press.

"Hindari lubang dan jangan berjalan jauh, untuk mobil, pastikan segera ganti dengan ban serep," ujar Marcell, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Marcell menambahkan, penting untuk menjaga kecepatan. Sebaiknya, jangan lebih dari 40 kilometer per jam.

Baca juga: Kenali Deretan Musuh bagi Pelek Mobil

On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk., Zulpata Zainal, mengatakan, tergantung dari tingkat keparahan bagian pelek yang peang. Kalau sedikit dan run out dari pelek masih bagus, tidak ada masalah dipakai, hanya penampilan kurang bagus.

"Namun, kalau peangnya parah, sebaiknya cepat diperbaiki peleknya. Caranya, cek kebulatan atau run out dari peleknya," kata Zulpata.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.