Kompas.com - 25/01/2021, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan perawatan pada bodi mobil dengan cara coating mulai menjamur di kota-kota besar Indonesia. Perawatan ini cukup beragam macamnya, mulai dari merek dan harga yang ditawarkan masing-masing bengkel poles, sampai ada juga yang menawarkan perawatan di rumah.

Sayangnya, masih sedikit orang yang paham apa dan bagaimana itu proses coating seharusnya.

Layanan coating adalah perlindungan cat pada kendaraan. Sehingga, tampilan cat menjadi lebih maksimal dan tidak mudah lecet.

CEO Top Coat Indonesia Christopher Sebastian mengatakan, dalam melakukan coating itu harus melalui beberapa tahapan.

Baca juga: Mobil Listrik di Indonesia: Kemarin, Kini dan Esok

Konsumen jangan mau dimanfaatkan dengan alasan dibilang dengan membayar atau menambah sekitar jutaan rupiah lagi, proses melapisi bodi mobil itu bisa menjadi maksimal.

“Banyak yang dibilang kalau coating di tempat kami itu tiga lapisan (layer) atau beberapa layer. Pada dasarnya kalau coating itu memang harus melalui proses beberapa layer dulu,” ujar Christopher saat ditemui Kompas.com di BSD Tangerang, Jumat (22/1/2021).

Poles bodi mobil.Febri Ardani Poles bodi mobil.

Christopher menambahkan, pada dasarnya, sebelum mulai coating mobil tersebut harus dibersihkan atau disebut dengan istilah auto detailing. Setelah itu, baru bisa lakukan proses coating.

Baca juga: Lebih Rawan Kecelakaan, Ini Tips Khusus Berkendara Malam Hari

Auto detailing saja ada tiga tahapan, belum lagi proses coating memang secara dasarnya ada tiga tahapan juga, sampai benar-benar selesai,” kata Christopher.

Menurut Christopher, konsumen jangan mau dimanfaatkan dengan dibilang harus bayar lebih mahal hanya karena dilakukan beberapa layer untuk coating. Sebab, prosesnya memang seperti itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.