Michelin Patenkan Sepatbor Listrik, Bikin Motor Bisa Mundur

Kompas.com - 20/01/2021, 13:23 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Michelin mengajukan paten untuk motor penggerak listrik di sepatbor belakang, yang akan berguna sebagai sistem penggerak tambahan.

Motor listrik ini ditempatkan di sepatbor gantung yang diletakkan di lengan ayun. Motor tambahan akan membantu daya traksi saat kecepatan rendah atau mundur.

Penggerak tambahan ini disebut dapat membantu pengendara saat mau mundur dari tempat sempit, jika sedang kehabisan bensin, atau membantu ketika sedang menanjak.

Baca juga: Ada Perempuan Indonesia yang Ikut Rancang Teknologi Autopilot Tesla

Michelin patenkan sepatbor memakai motor listrikFoto: Motorcyle.com Michelin patenkan sepatbor memakai motor listrik

Keunggulan desain ini bisa dipasang ke lengan ayun konvensional. Produsen ban tersebut bisa memasarkannya sebagai kit aksesori yang cocok untuk berbagai motor.

Mengutip Motorcycle.com, Rabu (20/1/2021), cara kerja penggerak tambahan ini sebetulnya cukup sederhana. Michelin pada dasarnya memakai roller untuk menggerakkan ban belakang.

Motor listrik akan menggerakkan roller dan kemudian menekan ban belakang. Sehingga ban akan berputar maju atau mundur karena gesekan tersebut.

Baca juga: Saingi Ducati, Honda Kembangkan Teknologi Radar di Sepeda Motor

Michelin patenkan sepatbor memakai motor listrikFoto: Motorcycle.com Michelin patenkan sepatbor memakai motor listrik

Cara mengaktifkannya ialah memakai tombol di bagian setang. Sehingga pengendara mudah mengontrolnya. 

Motor listriknya memakai sistem DC berkekuatan 3.6V yang mampu menghasilkan torsi sekitar 2 Nm-4 Nm. Diklaim cukup untuk menggerakkan motor dengan kecepatan 1 kpj.

Motor listrik alias dinamo tersebut ditenagai baterai lithium-ion 3.6V, 2Ah yang dapat diisi ulang yang juga dipasang di sepatbor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber motorcycle


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.