Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saingi Ducati, Honda Kembangkan Teknologi Radar di Sepeda Motor

Kompas.com - 01/12/2020, 14:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber visordown

LONDON, KOMPAS.com - Honda sedang mengembangkan teknologi radar untuk sepeda motor. Hal ini terungkap dari paten bocor yang ternyata sudah didaftarkan pada Maret 2018.

Dari paten tersebut terlihat Honda membenamkan sistem radar pada Honda Gold Wing. Sehingga ditengarai teknologi baru tersebut bakal dipakai di generasi baru Gold Wing.

Baca juga: BMW R18 Classic Meluncur 2021, Harga Tembus Rp 1 Miliar

Paten Teknologi Radar Honda Gold WingFoto: Visordown Paten Teknologi Radar Honda Gold Wing

Belum ada kepastian kapan teknologi radar ini akan diterapkan di motor produksi massal. Tapi jika melihat tanggal pengajuan paten disebut saat ini teknologinya sudah lebih canggih.

Sebab dengan waktu dua tahun lebih Honda akan terus mengembangkan teknologi yang disebut mampu mendukung dan membuat berkendara jadi lebih nyaman.

Teknologi radar ini memakai sensor yang ditaruh di bagian depan motor. Sensor yang sensitif tersebut akan mendeteksi banyak hal dan terintergrasi dengan motor.

Baca juga: Masih Banyak yang Bingung Beda Teknologi Immobilizer dan Keyless

Honda Gold WingKOMPAS.com / Gilang Honda Gold Wing

Selain Honda, beberapa merek lain juga mengembangkan hal serupa seperti Kawasaki, Harley-Davidson dan BMW. Tapi hanya Ducati yang sudah meluncurkannya di motor produksi massal yaitu Multistrada V4.

Saat ini perusahaan yang mengembangkan sensor radar ialah Bosch, yang djuga dipakai oleh Multistrada V4. Sehingga ditengarai teknologi radar Honda juga memakai vendor yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber visordown
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com