Tarif Tol Layang Jakarta-Cikampek Berlaku Besok, Jangan Lupa Cek Saldo

Kompas.com - 16/01/2021, 08:42 WIB
Suasana sepi saat Lebaran pertama di ruas tol Jakarta - Cikampek km 42, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (24/5/2020). Pemerintah memberlakukan larangan mudik untuk mencegah penyebaran Covid-19 melalui Operasi Ketupat 2020. Kendaraan pribadi baik motor atau mobil dan kendaraan umum berpenumpang dilarang keluar dari wilayah Jabodetabek. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOSuasana sepi saat Lebaran pertama di ruas tol Jakarta - Cikampek km 42, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (24/5/2020). Pemerintah memberlakukan larangan mudik untuk mencegah penyebaran Covid-19 melalui Operasi Ketupat 2020. Kendaraan pribadi baik motor atau mobil dan kendaraan umum berpenumpang dilarang keluar dari wilayah Jabodetabek.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Buat yang ingin berpergian melintasi Tol Jakarta-Cikampek, baik menuju ke Bandung atau ke arah Cipali, harap cek kembali sisa saldo uang kartu elektronik Anda.

Pasalnya, mulai Minggu (17/1/2021) tepat pukul 00.00 WIB, PT Jasa Marga (Persero) Tbk, bakal menerapkan tarif Tol Layang Jakarta-Cikampek (Elevated) II.

Artinya, dengan adanya pemberlakuan tarif di Tol Layang Jakarta-Cikampek yang juga terintegrasi dengan ruas di bawahnya, otomatis ada penyesuaian dengan menerapkan sistem tarif integrasi.

Baca juga: Kecelakaan di Tol Satu Keluarga Tewas, Ingat Bahaya Mengemudi dalam Kondisi Mengantuk

Penerapan tarif integrasi dilakukan dengan beberapa pertimbangan. Salah satunya agar lebih efisien bagi para penggunanya, baik secara nominal tarif serta kepraktisan bertransaksi.

Sejumlah kendaraan melintas di tol Jakarta-Cikampek, Bekasi Jawa Barat, Minggu (1/11/2020). Pada arus balik libur cuti bersama dan Maulid Nabi Muhammad SAW, lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek terpantau ramai lancar.ANTARA FOTO/FAKHRI HERMANSYAH Sejumlah kendaraan melintas di tol Jakarta-Cikampek, Bekasi Jawa Barat, Minggu (1/11/2020). Pada arus balik libur cuti bersama dan Maulid Nabi Muhammad SAW, lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek terpantau ramai lancar.

Menurut Direktur Utama PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) Vera Kirana, tanpa integrasi atau bila diterapkan terpisah, maka tarif yang harus dibayar saat melintas Tol Layang Jakarta-Cikampek cukup mahal, yakni Rp 62.500 untuk Golongan I.

"Jika secara terpisah, tarif untuk Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek mencapai Rp 1.250 per kilometernya," ucap Vera dalam keterangan resminya, Kamis (14/1/2021).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PT Jasa Marga (Persero) Tbk (@official.jasamarga)

"Artinya, pengguna untuk Golongan I harus membayar sebesar Rp 47.500 ditambah tarif Jalan Tol Jakarta-Cikampek sebesar Rp 15.000, sehingga total tarif Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek mencapai Rp 62.500," kata dia.

Baca juga: Mulai 17 Januari Naik, Simak Tarif Baru 6 Ruas Tol Jasa Marga

Tak hanya itu, dengan menerapkan sistem tarif integrasi, dari segi proses pembayaran juga lebih mudah karena pengguna hanya melakukan transaksi satu kali. Sementara bila dipisah, otomatis harus melakukan dua kali transaksi.

Penerapan tarif terintegrasi mengikuti pembagian empat wilayah. Sementara dampak dari penerapan tarif Tol Layang Jakarta-Cikampek, membuat naik tarif Jalan Tol Jakarta-Cikampek untuk jarak terjauh.

Ilustrasi lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek jelang Tahun Baru 2021JASA MARGA Ilustrasi lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek jelang Tahun Baru 2021

Baca juga: Tanpa Integrasi, Tarif Tol Layang Jakarta-Cikampek Tembus Rp 62.500

Karena itu, jangan lupa untuk mengecek sisa saldo uang elektronik ketika akan berpergian melintasi Tol Jakarta-Cikampek mulai 17 Januari 2021.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X