Penjualan Lamborghini 2020 Jadi Bukti Orang Kaya Kebal Pandemi

Kompas.com - 16/01/2021, 08:22 WIB
Yohji Yamamoto x Lamborghini Collaboration Yohji Yamamoto x Lamborghini Collaboration

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen mobil mewah asal Italia, Automobili Lamborghini, mencatatkan pengiriman kendaraan bermotor secara global sebanyak 7.430 unit pada periode Januari-Desember 2020.

Capaian tersebut hanya menurun 9 persen dibandingkan realisasi pada tahun sebelumnya yang mampu mencatatkan total penjualan 8.205 unit karena dampak pandemi virus corona alias Covid-19.

Hasil ini sekaligus jadi bukti kalau orang kaya seolah kebal terhadap pandemi Covid-19 yang tengah terjadi di dunia. Meskipun turun, tapi masih tergolong jauh dari merek mobil yang lebih massal.

Kendati demikian, Presiden dan CEO Automobili Lamborghini, Stephan Winkelmann tetap mengapresiasi atas kinerja pabrikan di tahun lalu. Sebab, banyak kondisi yang sulit dan tak bisa diprediksi sebelumnya.

Baca juga: Realisasi Penjualan Mobil Baru 2020 Anjlok 48,3 Persen

Lamborghini Urus.Autoexpress Lamborghini Urus.

Ia menjelaskan penurunan penjualan hingga sembilan persen itu akibat penghentian produksi selama 70 hari, sesuai dengan arahan pemerintah Italia untuk melindungi karyawan dari virus Corona. Tapi, Lamborghini mampu bangkit pada paruh kedua tahun 2020.

Adapun torehan tersebut tak lepas dari kontribusi Sport Utility Vehicle (SUV) Lamborghini Urus yang mampu tampil konsisten dan menggoda para pecintanya.

Tercatat, total penjualan Urus pada masa sulit itu mencapai 4.391 unit yang diikuti oleh Lamborghini Huracan sebanyak 2.193 unit dan Lamborghini Aventador 846 unit.

Padahal pada tahun lalu supercar bermuatan 5-penumpang itu dapat mencapai rekor produksi 10.000 unit. Adapun pasar terbesar pabrikan masih dipegang oleh Amerika Serikat.

Baca juga: Sesi Tes Pra-Musim MotoGP Hanya Digelar di Qatar

Prestige Motorcars hadirkan Lamborghini Huracan EVO AWDIstimewa Prestige Motorcars hadirkan Lamborghini Huracan EVO AWD

Selama Januari-Desember 2020 Lamborghini telah mengirim 2.224 unit mobil ke AS, diikuti Jerman 607 unit, kemudian akumulasi dari China daratan, Hong Kong, serta Macau mencapai 604 unit.

"Pencapaian di tahun 2020 adalah hasil dari pekerjaan yang luar biasa. Meskipun mengalami kesulitan global selama setahun, namun seluruh tim Lamborghini bekerja dengan sangat keras," kata Winkelmann di keterangan resminya, Jumat (15/1/2021).

Sepanjang tahun lalu, Lamborghini tercatat merilis enam model baru ke pasar global, yakni Huracán EVO, Huracan EVO RWD Spyder, Sián Roadster, Essenza SCV12, Huracá Super Trofeo Omologata, dan SC20.



Sumber Carscoops
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X