Sesi Tes Pra-Musim MotoGP Hanya Digelar di Qatar

Kompas.com - 15/01/2021, 18:41 WIB
MotoGP Qatar 2020 berjalan tanpa digelarnya kelas MotoGP karena wabah virus Corona.. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP) KARIM JAAFARMotoGP Qatar 2020 berjalan tanpa digelarnya kelas MotoGP karena wabah virus Corona.. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - Sirkuit Sepang, Malaysia, batal menjadi tuan rumah untuk shakedown test dan sesi tes pra-musim. Untuk itu, sesi tes hanya akan digelar di sirkuit Losail, Qatar.

Jika normalnya sesi tes hanya digelar selama tiga hari, untuk di Qatar nanti sesi tes akan ditambah dua hari. Shakedown test yang tadinya hanya diperuntukkan bagi test rider, sekarang boleh diikuti para pebalap rookie.

Baca juga: Sirkuit Sepang Dipastikan Batal Gelar Sesi Tes Pra-Musim

Dikutip dari Crash.net, Jumat (15/1/2021), shakedown test akan digelar hanya satu hari, yakni 5 Maret. Sedangkan sesi tes pra-musim digelar 6-7 Maret dan 10-12 Maret.

MotoGP Qatar 2020 berjalan tanpa digelarnya kelas MotoGP karena wabah virus Corona.. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)KARIM JAAFAR MotoGP Qatar 2020 berjalan tanpa digelarnya kelas MotoGP karena wabah virus Corona.. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)

Selain penting bagi para rookie, dua hari tambahan tersebut akan sangat berguna bagi para pebalap yang pindah tim dan juga untuk tiap pabrikan.

Sejauh ini, belum ada kepastian apakah jadwal penyelenggaraan seri pembuka MotoGP 2021 yang sudah direncanakan pada 26-28 Maret, akan dimajukan untuk mengurangi waktu menetap bagi tim dan pebalap tetap berada di Qatar.

Baca juga: Jelang MotoGP 2021, Honda Hanya Bisa Memantau Kondisi Marc Marquez

Qatar juga disebut berpotensi untuk menggelar seri kedua untuk menggantikan Argentina yang mundur dari kalender. Sirkuit Austin juga sangat diragukan bisa menggelar MotoGP terkait pembatasan aktivitas dan kerumunan karena pandemi Covid-19.

Jadwal Sesi Tes:

5 Maret: Shakedown Test, khusus test rider dan pebalap rookie
6-7 Maret:- Sesi Tes Pra-Musim
10-12 Maret: Sesi Tes Pra-Musim



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X