Kompas.com - 11/01/2021, 17:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Blind spot atau titik buta pada kendaraan bermotor tidak hanya terdapat di truk dan bus yang memiliki dimensi besar, tetapi juga mobil keluarga kecil.

Hal ini dikarenakan tiap pengemudi memiliki batasan area pandangan tersendiri. Sehingga, diperlukan alat bantu untuk mendeteksi beberapa sudut pada mobil, salah satunya kaca spion.

Training Director The Real Driving Center ( RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan seorang pengendara untuk meminimalisasi titik buta pada kendaraannya.

Baca juga: Mengapa Penting Mengurangi Kecepatan Kendaraan saat Hujan Deras?

Titik buta atau blind spot saat berkendara.hyundaimobil.co.id Titik buta atau blind spot saat berkendara.

"Selain memaksimalkan area pandang pada spion, pengemudi juga bisa menambah peranti lain seperti blind spot mirror atau blind spot detection system," katanya kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Cara lain, yaitu dengan memperhatikan jalur yang aman sebelum memutuskan untuk mendahului atau berpindah jalur.

“Jangan lupa untuk menengok terlebih dahulu sebelum berpindah jalur, karena bisa saja ada mobil yang terjebak di blind spot kita,” tuturnya.

Baca juga: Ini Syarat Bepergian Naik Mobil Pribadi Selama PSBB Jawa-Bali

Ilustrasi pilar blind spotStanly/Otomania Ilustrasi pilar blind spot

Pengemudi juga bisa mencondongkan badan ke lawan arah saat ingin berbelok. Fungsinya supaya area pandang bisa jadi sedikit lebih luas.

“Condongkan badan ke kiri saat akan berbelok ke kanan, ini untuk meminimalisasi blind spot dari pilar A kendaraan sebelah kanan,” ucap Marcell.

Pada titik tertentu, pengemudi juga bisa membunyikan klakson pendek untuk memberi tahu kendaraan lain. Hal ini umum dilakukan saat ingin berbelok atau mendahului kendaraan di depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.