Valentino Rossi Fokus Perbaiki Sesi Kualifikasi pada MotoGP 2021

Kompas.com - 07/01/2021, 07:42 WIB
Ritual Valentino Rossi. (Photo by JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP) JEAN-FRANCOIS MONIERRitual Valentino Rossi. (Photo by JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelaran MotoGP 2020 menjadi musim yang paling buruk bagi pebalap veteran Valentino Rossi. The Doctor hanya mampu finis di posisi ke 15 klasemen akhir, bahkan menjadi satu-satunya pebalap Yamaha yang tidak dapat menembus posisi 10 besar.

Di musim mendatang, Valentino Rossi bertekad akan memberikan penampilan terbaik salah satunya adalah dengan memperbaiki sesi kualifikasi.

Baca juga: Tak Kelihatan, Suzuki Ecstar Komentari Desain Nomor Baru Pol Espargaro

Pebalap berusia 41 tahun itu mengatakan satu hal yang perlu diperbaiki adalah posisi start, sebab dirinya hanya berhasil sekali start dari finis terdepan sepanjang musim MotoGP 2020, yakni dari posisi tiga di MotoGP Catalunya.

“Saya harus memperbaiki sejumlah area, seperti kualifikasi, karena itu sangatlah penting. Saya juga harus banyak meningkatkan kualitas diri saya," ujar pebalap asal Italia itu dikutip dari Crash, Rabu (6/1/2021).

Valentino Rossi saat berlaga di GP Jerez 2020Yamahamotogp Valentino Rossi saat berlaga di GP Jerez 2020

Tidak hanya itu saja, perhatian lain yang diberikan pebalap berusia 41 tahun itu adalah pada penggarapan mesin dan teknis di pramusim. Yamaha disebutnya selalu alami kesulitan pada paruh kedua musim dan hal itu sudah harus ditangani sejak jauh-jauh hari.

“Kami juga akan berusaha keras seperti biasanya di Yamaha, untuk mencoba bekerja dengan bagus di musim dingin demi meningkatkan sejumlah area. Karena beberapa tahun terakhir dan juga tahun ini (2020), kami sempat tangguh di awal musim, tapi kesulitan di paruh kedua,” kata Rossi.

Baca juga: Valentino Rossi Sebut Lintasan Lurus Jadi Masalah Utama Yamaha

Rossi menilai, pabrikan berlambang garpu tala itu masih belum bisa menangani permasalahan yang ada pada motor mereka dengan cepat dibandingkan para kompetitor.

"Jadi, tahun depan akan jadi tantangan berat dan kami perlu tiba dalam kondisi siap dari balapan pertama,” ucap Valentino Rossi.

Di MotoGP 2021 Valentino Rossi akan bahu membahu bersama Franco Morbidelli untuk membela tim satelit Petronas Yamaha SRT. Sementara posisinya diisi oleh Fabio Quartararo yang akan membela tim pabrikan bersama Maverick Vinales.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X