Ini Daftar Tempat Ngecas Kendaraan Listrik di Indonesia

Kompas.com - 07/01/2021, 07:12 WIB
Ilustrasi SPKLU KOMPAS.com/RulyIlustrasi SPKLU

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah RI tengah mempercepat era elektrifikasi kendaraan bermotor untuk dijadikan transportasi jalan guna menekan produksi polusi emisi serta impor bahan bakar minyak (BBM).

Bahkan, beberapa waktu lalu pihak PT PLN (Persero) telah melakukan uji coba perjalanan dari Jakarta menuju Bali menggunakan mobil listrik. Hasilnya, biaya pengisian daya hanya menghabiskan sekitar Rp 200.000 saja.

Namun tak ditampik bahwa persebaran stasiun pengisian kendaraan listrik umum ( SPKLU) masih jadi kendala karena amat terbatas. Lantas, di mana saja penyebarannya?

Baca juga: Jakarta-Bali Pakai Mobil Listrik Cuma Rp 200.000, Ini Simulasinya

Pertamina resmikan SPKLU komersial pertamanya di FatmawatiPertamina Pertamina resmikan SPKLU komersial pertamanya di Fatmawati

Dilansir laman resmi Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), kini terdapat 39 titik charging station yang sudah tersedia di Indonesia.

Rinciannya, 16 unit SPKLU berada di pusat perbelanjaan dan kantor PLN, satu unit di Bandara Soekarno-Hatta, 2 unit di SPBU Pertamina Jakarta, 3 unit di perkantoran, 20 unit di diler resmi, dan 15 unit di pool taksi.

Kemudian terdapat tambahan 4 SPKLU baru di tempat peristirahatan ruas tol Jakarta-Surabaya yang terdiri dari SPKLU Rest Area KM 207 A Palikanci, SPKLU Rest Area 379 Batang, dan SPKLU Rest Area KM 519 A/B Sragen.

"Target kita dalam Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) pada 2025 ialah menghadirkan 1.000 unit charging station dan 10.000 unit di 2050 untuk mendukung program KBLBB," kata Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Wanhar belum lama ini.

Baca juga: Geber Mobil Listrik, Baterai Hyundai Ioniq Wagub Jabar Sisa 3 Persen

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Ditjen Ketenagalistrikan (@infogatrik)

Berikut daftar sebaran charging station terkini;

16 unit SPKLU di pusat perbelanjaan dan kantor PLN
- Senayan City, Jakarta
- AEON Mall, Serpong
- Tangerang City Mall
- PLN Kantor Pusat
- PLN UID Jaya, DKI Jakarta
- PLN UID Jawa Barat
- PLN IUD Bali
- PLN UID Jawa Tengah dan DIY
- PLN ULP Embong Wungu, Surabaya

1 unit SPKLU di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X