Bahas Kebiasaan Unik Ngobrol dengan Pengendara Lain Sambil Jalan

Kompas.com - 06/01/2021, 10:42 WIB
Mengobrol sambil berkendara motor KEJORAMURIA.COMMengobrol sambil berkendara motor

JAKARTA, KOMPAS.com – Kebiasaan pengendara motor di Indonesia memang unik-unik. Misalnya yang sering ditemui di jalan adalah dua pengendara motor yang mengobrol sambil mengendarai kendaraan roda duanya masing-masing.

Jadi kalau dilihat ada dua motor yang beriringan dan kedua pengendaranya saling berbincang-bincang. Mereka memang berjalan lambat di lajur kiri jalan, namun tetap saja mengganggu arus lalu lintas di belakangnya.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, kejadian pengendara yang bertemu temannya dan malah mengobrol memang sering ditemui, mereka tidak sadar ada bahaya dari kebiasaan yang dilakukan ini.

Baca juga: Kecelakaan Beruntun di Tol Semarang, Ingat Lagi Jurus 3 Detik

Ilustrasi kecelakaan motorgas2.org Ilustrasi kecelakaan motor

“Bahayanya tentu ada potensi pengendara motor tadi tertabrak oleh kendaraan dari belakang. Karena biasanya mereka yang mengobrol ini berjalan pelan dan di tengah jalan,” ucap Agus kepada Kompas.com, Selasa (5/1/2021).

Selain itu, mereka juga rawan menabrak obyek yang ada di depannya. Konsentrasi mereka tentunya menjadi berkurang karena fokus pada pembicaraannya. Sebagai pengguna jalan, harus berhati-hati dengan sikap pengendara lain yang mengganggu seperti ini.

“Berikan tanda klakson agar pengendara tersebut dapat menepi atau membuka jalan agar kita bisa lewat dengan aman,” kata Agus.

Baca juga: Cerita 5 Tahun Pakai Mobil Listrik, Ngecas Gampang tapi Takut Air

Lalu bagi pengendara yang ingin mengobrol atau sekadar menyapa temannya yang bertemu di jalan, Agus menyarankan agar cukup dengan membunyikan klakson. Jika ada yang ingin dibicarakan, berikan tanda untuk memintanya menepi.

“Kalau sudah menepi kan pembicaraannya lebih nyaman dan tentunya berkendara lebih aman. Kalau ngobrolnya sambil berkendara cukup berisiko, selain tidak aman untuk diri sendiri, membahayakan juga untuk orang lain,” ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X