Kijang Doyok Milik Wagub Jabar Mau Dikonversi Jadi Mobil Listrik

Kompas.com - 06/01/2021, 08:02 WIB
Kijang Kotak Milik Uu Ruzhanul Ulum DOK. UU RIZHANUL ULUMKijang Kotak Milik Uu Ruzhanul Ulum

JAKARTA, KOMPAS.com – Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum kerap menggunakan Toyota Kijang KF20 alias Kijang Doyok lansiran 1983 sebagai kendaraan favorit untuk melakukan kunjungan kerja.

Kemudian, pada Minggu (3/1/2021), Wagub mengunggah dalam Instagram pribadinya bahwa sudah menggunakan kendaraan dinas mobil listrik. Mobil yang digunakannya ke Masjid Besar Cibatu, Kabupaten Garut, ini yaitu Hyundai Ioniq Electric.

Uu menceritakan pengalamannya saat menggunakan mobil listrik ini kepada Kompas.com. Uu mengatakan, dirinya menempuh lebih kurang 450 km dengan mobil listrik selama perjalanan ke Cibatu tersebut.

Baca juga: Cerita Wagub Jabar Pakai Kijang Doyok, Kerap Diusir Saat Parkir VIP

Kijang Kotak Milik Uu Ruzhanul UlumDOK. UU RIZHANUL ULUM Kijang Kotak Milik Uu Ruzhanul Ulum

“Waktu dipakai PP Gedung Sate – Cibatu kemarin, saat masuk ke tol balik ke Bandung, baterai tinggal lima persen. Beruntung pas sampai Gedung Sate masih sisa tiga persen. Kurang lebih kemarin menempuh 450 km,” ucap Uu kepada Kompas.com, Selasa (5/1/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Uu mengatakan, rasanya naik mobil listrik yang pertama adalah tidak terdengar suara mesin, jadi nyaman. Kedua, rasanya sama saja seperti mobil biasa, tetapi tidak ngeden, cuma ada sedikit kekhawatiran saja kehabisan baterai.

Dengan segala manfaat tadi, Kompas.com menanyakan kepada Uu apakah ada keinginan untuk mengubah Toyota Kijang Doyok miliknya menjadi mobil listrik. Dirinya menjawab ya ketika sudah ada fasilitasnya.

Baca juga: Kecelakaan Beruntun di Tol Semarang, Ingat Lagi Jurus 3 Detik

Kijang Kotak Milik Uu Ruzhanul UlumDOK. UU RIZHANUL ULUM Kijang Kotak Milik Uu Ruzhanul Ulum

“Suatu saat kalau teknologi ini sudah merata, Kijang Kotak juga akan pakai listrik supaya lebih murah biayanya. Karena intinya sama, cuma dayanya saja yang berbeda asalnya,” kata Uu.

Uu menunggu ada bengkel modifikasi dan suku cadangnya baru mengubah Kijang Kotak miliknya jadi mobil listrik. Dirinya mengatakan bahwa mobil listrik itu program nasional, jadi mudah-mudahan akan sukses.

“Jika sudah didukung dengan sarana dan prasarana, kewenangan dan didukung lainnya, maka kami punya keyakinan kalau mobil listrik ini akan sukses,” ucapnya.

Uu mengatakan, Kijang Kotak miliknya ini sangat bersejarah, bisa dikatakan yang mengantar ke mana pun dirinya pergi. Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan untuk mengonversi Kijang Kotak miliknya menjadi mobil listrik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.