Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kijang Doyok Milik Wagub Jabar Mau Dikonversi Jadi Mobil Listrik

JAKARTA, KOMPAS.com – Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum kerap menggunakan Toyota Kijang KF20 alias Kijang Doyok lansiran 1983 sebagai kendaraan favorit untuk melakukan kunjungan kerja.

Kemudian, pada Minggu (3/1/2021), Wagub mengunggah dalam Instagram pribadinya bahwa sudah menggunakan kendaraan dinas mobil listrik. Mobil yang digunakannya ke Masjid Besar Cibatu, Kabupaten Garut, ini yaitu Hyundai Ioniq Electric.

Uu menceritakan pengalamannya saat menggunakan mobil listrik ini kepada Kompas.com. Uu mengatakan, dirinya menempuh lebih kurang 450 km dengan mobil listrik selama perjalanan ke Cibatu tersebut.

“Waktu dipakai PP Gedung Sate – Cibatu kemarin, saat masuk ke tol balik ke Bandung, baterai tinggal lima persen. Beruntung pas sampai Gedung Sate masih sisa tiga persen. Kurang lebih kemarin menempuh 450 km,” ucap Uu kepada Kompas.com, Selasa (5/1/2021).

Uu mengatakan, rasanya naik mobil listrik yang pertama adalah tidak terdengar suara mesin, jadi nyaman. Kedua, rasanya sama saja seperti mobil biasa, tetapi tidak ngeden, cuma ada sedikit kekhawatiran saja kehabisan baterai.

Dengan segala manfaat tadi, Kompas.com menanyakan kepada Uu apakah ada keinginan untuk mengubah Toyota Kijang Doyok miliknya menjadi mobil listrik. Dirinya menjawab ya ketika sudah ada fasilitasnya.

“Suatu saat kalau teknologi ini sudah merata, Kijang Kotak juga akan pakai listrik supaya lebih murah biayanya. Karena intinya sama, cuma dayanya saja yang berbeda asalnya,” kata Uu.

Uu menunggu ada bengkel modifikasi dan suku cadangnya baru mengubah Kijang Kotak miliknya jadi mobil listrik. Dirinya mengatakan bahwa mobil listrik itu program nasional, jadi mudah-mudahan akan sukses.

“Jika sudah didukung dengan sarana dan prasarana, kewenangan dan didukung lainnya, maka kami punya keyakinan kalau mobil listrik ini akan sukses,” ucapnya.

Uu mengatakan, Kijang Kotak miliknya ini sangat bersejarah, bisa dikatakan yang mengantar ke mana pun dirinya pergi. Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan untuk mengonversi Kijang Kotak miliknya menjadi mobil listrik.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/06/080200815/kijang-doyok-milik-wagub-jabar-mau-dikonversi-jadi-mobil-listrik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke