Beli Motor NOS, Apakah Bannya Masih Layak Digunakan?

Kompas.com - 04/01/2021, 16:01 WIB
Suzuki Shogun Fi NR new old stock KOMPAS.com/GilangSuzuki Shogun Fi NR new old stock

JAKARTA, KOMPAS.com – Jenis motor new old stock ( NOS) atau stok lama yang kondisinya masih baru memang sedang ramai diperjualbelikan akhir-akhir ini. Kondisi motor seperti ini biasanya diberi harga yang mahal bagi yang ingin membelinya.

Kondisi motor yang lama disimpan ini tentunya juga berpengaruh pada ban. Jika membeli motor NOS dan bannya masih memakai yang asli bawaan motor tersebut, apakah masih aman untuk digunakan di jalan raya?

Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk. Dodiyanto mengatakan, layak atau tidaknya ban untuk dipakai, dipengaruhi oleh banyak faktor. Misalnya seperti cara penyimpanan dan pemakaiannya.

Baca juga: Harga LCGC Bekas Awal Tahun, Brio Hanya Rp 80 Jutaan

Motor tua bisa dijadikan objek investasi@antik_motor_kediri Motor tua bisa dijadikan objek investasi

“Jika motor disimpan dengan baik, ban masih bisa digunakan selama kondisinya layak, tidak ada retak-retak dan indikasi pengerasan,” kata Dodiyanto kepada Kompas.com belum lama ini.

Misalnya jika motor terus disimpan di ruang yang tertutup, tentu akan berbeda kondisi bannya dengan yang diparkir di bawah sinar matahari langsung. Selain itu, indikasi pengerasan pada ban bisa dirasakan dari kompon yang keras saat ditekan dengan tangan.

“Kalau orang yang biasa naik motor sih akan ngerasain bannya masih enak atau enggak,” kata dia.

Baca juga: Sambut Tahun Baru, Kia Hadir dengan Logo dan Slogan Baru

Kemudian perlu diingat kalau ban itu tidak memiliki kedaluwarsa. Ban akan tetap bisa digunakan walaupun sudah berumur. Kemudian kode yang tertera pada ban bukanlah kapan kedaluwarsa dari ban tersebut.

“Contoh serial number 0220, artinya ban tersebut diproduksi pada minggu ke-2 tahun 2020. Enggak ada tertera misalkan expired date Nov2020,” ucap Dodiyanto.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X