Kenali Peran Penting Filter Udara pada Mobil

Kompas.com - 31/12/2020, 17:01 WIB
Filter udara mesin www.wikihow.comFilter udara mesin
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Dari ratusan bahkan ribuan komponen yang ada pada mobil, ada beberapa yang termasuk dalam kategori fast moving.

Artinya, komponen tersebut memiliki daya pakai atau sifat pergantian yang lebih cepat dibandingkan jenis komponen lainnya. Salah satunya adalah filter udara.

Keberadaan filter udara pada mobil memiliki perang penting yang tak bisa diabaikan. Fungsinya bukan sekadar dari pelengkap komponen mesin saja, namun juga melindungi dari kerusakan.

Fungsi

Sesuai namanya, filter udara memiliki peran untuk filterisasi udara yang akan masuk ke ruang bakar dari partikel atau kotoran seperti debu yang diisap melalui air intake.

Baca juga: Penting Memahami Fungsi Grill pada Mobil

Letak dari filter udara berada pada bagian atas mesin dan tertutup dengan rumah filter yang akan mengalirkan udara ke dalam ruang pembakaran. Rumah filter dilindungi dengan klep untuk mencegah kebocoran udara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara kerja filter udara pada mesin mobilRESEARCHGATE.net Cara kerja filter udara pada mesin mobil

Penting diketahui, performa mesin mobil secara keseluruhan sangat bergantung pada kebersihan dan kualitas filter udara. Karena selama berkendara debu yang berterbangan di jalanan akan terhisap masuk ke dalam mobil.

Dengan adanya filter, semua debu dan partikel kotoran yang sangat halus akan disaring supaya tidak masuk ke dalam ruang pembakaran.

Hukum sederhananya, udara yang bersih dan masuk ke ruang pembakaran bisa meningkatkan performa mobil dalam hal tenaga dan usia mesin.

Sebaliknya, bila saringan kotor bisa menyebabkan pengendapan yang menghalangi asupan udara masuk sehingga performa bisa berkurang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.