Banyak yang Belum Tahu, Ini Kegunaan Helm Cakil untuk Trail

Kompas.com - 31/12/2020, 16:41 WIB
Tips cara belok pakai motor trail Foto: Yamaha IndonesiaTips cara belok pakai motor trail

JAKARTA, KOMPAS.com - Helm menjadi salah satu peralatan wajib berkendara motor. Belakang model helm motor cross atau biasa disebut helm cakil jadi idola para pengguna motorsport.

Memiliki fungsi yang sama dengan helm lain, ternyata ada beberapa alasan mengapa helm cakil dibuat berbeda seperti itu.

Bukan tanpa alasan, hal itu dibuat ada fungsinya, selain melindungi kepala. Mulai dari bagian plastik seperti kanopi di depan, tanpa kaca serta bentuk bagian mulut yang meruncing.

Baca juga: Apa Itu Alternator, Sering Disebut Komponen Vital pada Mobil?

“Bagian depan mulut yang meruncing dan memiliki celah karena tidak ada visor atau kaca helm. Fungsinya agar pernapasan lebih mudah, dikarenakan ketika melewati track off road rider akan lebih mudah lelah karena mengontrol motor di jalan rusak serta konsentrasi yang tinggi,” ujar Trainer Yamaha Riding Academy Muhamad Arief saat dihubungi Kompas.com, Rabu (30/12/2020).

Helm trail THX.Ghulam/KompasOtomotif Helm trail THX.

Arief mengungkapkan helm cakil selalu hadir dengan bagian topi yang sedikit memanjang dari pada helm biasa. Tujuannya untuk menahan ranting-ranting pohon serta kotoran mengganggu pandangan mata.

Baca juga: Mau Ganti Aki, Pilih Basah Atau MF yang Lebih Awet?

Kemudian, soal asupan udara juga menjadi alasan helm cakil tidak menggunakan kaca pelindung. Pengendara lebih memilih menggunakan kacamata khusus (goggle) untuk melindungi mata.

“Kacamata goggle biasanya digunakan oleh rider motor trail, agar mudah dibersihkan dari cipratan tanah atau lumpur, sebab tinggal tarik saja untuk melepasnya,” kata Arif.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X