Viral Video Tambal Ban Pakai Tepung, Produsen Ban Sampai Tak Bisa Komentar

Kompas.com - 29/12/2020, 16:31 WIB
Tepung buat tambal ban tubeless Foto: tangkapan layar Tepung buat tambal ban tubeless
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah video viral di media sosial memperlihatkan tukang tambal ban yang memberikan tepung di bagian dalam ban sepeda motor.

Dalam video yang diunggah akun Instagram @agoez_bandz4 tersebut, narasi di dalam video menyebut fungsi tepung berkhasiat seperti cairan anti bocor di pasaran.

Baca juga: Harga Mahal Jadi Kendala Bus Listrik di Indonesia

"Kok pakai tepung? Kok baru tahu. Katanya sama kek cairan ban tubless. Alhasil emang benar si abang. Di tanya belajar dari mana? Abangnya cuman ketawa. The best lah si abang," tulis narasi video tersebut dikutip Selasa (29/12/2020).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Agoez Bandz Official (@agoez_bandz4)

Lantas apakah benar tepung yang disinyalir tepung tapioka tersebut benar bisa menambal ban tubeless?

Ketika ditanyakan kepada Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk, produsen ban IRC, dirinya enggan memberikan komentar karena belum ada penelitiannya.

"No comment itu. Belum ada kajian ilmiahnya," kata Dodiyanto saat dikonfirmasi Kompas.com.

tambal ban payungKompas.com/Fathan Radityasani tambal ban payung

Tambal ban tubeless

Ada dua teknik tambal ban, khususnya ban tubeless yakni string atau model tusuk dan tip top yang aplikasinya seperti plester.

Saat ini yang paling banyak ditemui di tukang tambal ban pinggir jalan yakni model tusuk dan sumpal. Tapi tambal ban sepeti ini disebut bisa membuat ban rusak.

Jimmy Handoyo, Technical Service & Development Dept. Head PT Suryaraya Rubberindo Industries produsen ban FDR, mengatakan, komponen nylon di dalam ban bisa putus jika ditusuknya tidak pas.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X