Kaleidoskop Mobil Elektrifikasi yang Hadir di Tengah Pandemi Covid-19

Kompas.com - 26/12/2020, 07:02 WIB
BEV perdana Toyota di Indonesia, Lexus UX 300e ToyotaBEV perdana Toyota di Indonesia, Lexus UX 300e
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Dunia otomotif Tanah Air boleh dibilang babak belur akibat pandemi Covid-19 di 2020. Namun, kondisi tersebut tak membuat surut ragam peluncuran mobil baru, salah satunya di segmen kendaraan elektrifikasi.

Walau harus melakukan peluncuran secara virtual saat virus mulai mewabah, namun semangat untuk mengenalkan mobil ramah lingkungan tetap berjalan. Mulai dari yang hybird sampai full electric.

Berdasarkan catatan redaksi, setidaknya ada enam mobil elektrifikasi yang berhasil mendarat dan dipasarkan di Indonesia di tengah pandemi Covid-19 sepanjang 2020.

Baca juga: Anomali Mobil Elektrifikasi di Tengah Pandemi

Untuk lebih detail, berikut susunannya:

- Toyota Corolla Cross Hybrid dan Prius PHEV

Meneruskan komitmen untuk mengenalkan pasukan elektrifikasinya, PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan Corolla Cross Hybrid di Indonesia pada Agustus 2020.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kehadiran mobil hybrid bergenre sport utility vehicle (SUV) ini, tak hanya menjadi model baru Toyota untuk pasar Indonesia, tapi juga menambah portofolio dari line-up model berteknologi hibrida.

Toyota Corolla Cross melewati simulasi banjirTAM Toyota Corolla Cross melewati simulasi banjir

Corolla Cross Hybrid hadir menggunakan platform TNGA-C, serupa dengan C-HR dan Altis. Performanya ditunjang dengan mesin 1.800 cc 2ZR-FXE yang memiliki tenaga 96 tk dan torsi 142 Nm, lalu dikolaborasikan dengan motor listrik berdaya 71 tk dan torsi 163 Nm.

Toyota membanderol SUV hybrid ini dengan harga Rp 497,8 juta. Sementara untuk model konvensionalnya, sebesar Rp 457,8 juta.

Sebelum Corolla Hybrid, tepat saat masuknya wabah Covid-19, Toyota akhirnya juga mengenalkan Prius Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Model ini pun menjadi produk pertama yang diluncurkan Toyota di 2020.

Baca juga: Hasil Konsumsi BBM Prius PHEV Tempuh Jakarta-Yogya PP, Tembus 30 Kpl

Toyota Prius PHEV Kompas.com Otomotif Challenge (KOC)KOMPAS.com Toyota Prius PHEV Kompas.com Otomotif Challenge (KOC)

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.