Jaga Kebersihan Motor Sebelum Ditinggal Liburan Nataru

Kompas.com - 25/12/2020, 10:22 WIB
Selain memang tempat memarkir motor, tetapi apa salahnya jika motor orang lain ikut merasakan perlakuan istimewa di garasi rumah Anda? Motor dengan ukuran lebih kecil dari mobil memungkinkan Anda leluasa memberi perawatan di garasi. www.houzz.comSelain memang tempat memarkir motor, tetapi apa salahnya jika motor orang lain ikut merasakan perlakuan istimewa di garasi rumah Anda? Motor dengan ukuran lebih kecil dari mobil memungkinkan Anda leluasa memberi perawatan di garasi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak yang mengambil cuti saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) untuk pergi ke luar kota. Sebelum pergi meninggalkan sepeda motor di rumah, ada baiknya memerhatikan beberapa hal berikut.

Rendra Kusumah, Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta, menganjurkan untuk mencuci dan membersihkan motor sebelum pergi. Selain kebersihan motor, perhatikan juga tempat memarkir atau menyimpannya.

Baca juga: Road Trip saat Libur Nataru, Lakukan Ini untuk Mencegah Microsleep

"Tempat penyimpanan disarankan di tempat yang bersih, karena takutnya ada tikus," kata Rendra, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Ilustrasi tikus yang mengganggu kenyamanan rumahDok. Alexas Fotos - Pixabay Ilustrasi tikus yang mengganggu kenyamanan rumah

Rendra menambahkan, tikus yang bersarang di dalam motor bisa menggigiti kabel-kabel kelistrikan. Selain itu, hindari juga terkena hujan.

Dalam Buku Pedoman Pemilik Kendaraan Bermotor, dianjurkan untuk mengoleskan wax pada semua permukaan yang dicat. Tapi, jangan dioleskan pada permukaan yang dicat warna matte atau dof.

Baca juga: Simak Jadwal Pelayanan Samsat Polda Metro Jaya Saat Libur Nataru

Selain itu, berikan juga lapisan oli pencegah karat pada semua komponen berlapis chrome.

Apabila hendak meninggalkan motor dalam waktu lama, paling aman adalah menyimpannya di dalam rumah. Tak hanya lebih aman, tapi motor juga akan terlindung dari cuaca, baik sinar matahari langsung atau cipratan air hujan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.