Ini Untung Rugi Mengemudi Malam dan Siang Hari

Kompas.com - 24/12/2020, 13:21 WIB
Tim Merapah Trans Jawa 3 Kompas.com melintas di tol Kertosono-Mojokerto pada malam hari. Kompas.com/Wahyu Adityo ProdjoTim Merapah Trans Jawa 3 Kompas.com melintas di tol Kertosono-Mojokerto pada malam hari.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan perjalanan jarak jauh di momen akhir tahun menggunakan mobil pribadi menjadi pilihan banyak orang di tengah pandemi Covid-19.

Salah satu alasannya karena menggunakan mobil pribadi lebih terjaga dari penyebaran virus Corona dibandingkan ketika menggunakan transportasi umum.

Selain itu, saat menggunakan kendaraan sendiri waktu yang dipilih untuk melakukan perjalanan juga lebih fleksibel tidak tergantung jadwal keberangkatan.

Meski begitu, sebaiknya pengemudi juga bisa memilih waktu yang tepat untuk melakukan perjalanan agar selama berkendara bisa tetap nyaman dan aman.

Baca juga: Mengapa STNK Kendaraan yang Sudah Dijual Perlu Diblokir?

Terkait pemilihan waktu untuk melakukan perjalanan jarak jauh ini, ada yang memilih waktu siang hari karena dinilai lebih aman.

Tetapi, tidak sedikit yang memutuskan untuk melakukan perjalanan di malam hari karena dianggap lebih cepat karena lalu lintas biasanya lebih lengang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi berkendara di tol trans jawadok.HPM Ilustrasi berkendara di tol trans jawa

Soal pemilihan waktu perjalanan ini, sebaiknya memilih waktu siang atau malam hari? Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, soal pemilihan untuk melakukan perjalanan jarak jauh ini memang tergantung pada kenyamanan masing-masing orang.

“Ketika berkendara jarak jauh memang unik, setiap orang punya opini berbeda-beda dalam memilih waktu untuk mengemudi. Menyetir terang (siang) atau atau gelap (malam). Semua biasanya selalu dikaitkan dari sisi kenyamanan,” ujar Sony kepada Kompas.com, Rabu (23/12/2020).

Meski begitu, soal pemilihan waktu ini Sony mengatakan, masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya.

Baca juga: Begini Cara Mudah Blokir STNK Tanpa Harus ke Samsat

Seperti saat menyetir siang hari kelebihannya adalah perjalanan yang dilakukan sesuai dengan siklus tubuh manusia yang beraktivitas di siang hari.

Bahaya tidur di dalam mobilhuffingtonpost Bahaya tidur di dalam mobil

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.