Ala Geng Motor Jepang, Tren Modifikasi Bosozoku Menular ke Motor Kecil

Kompas.com - 24/12/2020, 12:41 WIB
Gaya modifikasi Bosozoku pada motor-motor kecil di Thailand Bosozoku Bike SiamGaya modifikasi Bosozoku pada motor-motor kecil di Thailand

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren modifikasi bergaya Bosozoku yang tenar di Jepang memang unik. Ternyata, gaya tersebut sudah merambah juga sampai ke Thailand.

Bosozoku sendiri awalnya merupakan geng motor asal Jepang, tapi sekarang sudah mengalami pergeseran.

Ciri khas modifikasinya adalah ubahan yang memancing perhatian, seperti fairing tinggi, setang ala chopper, warna atau grafis yang mencolok, serta knalpot yang dibentuk sedemikian rupa.

Baca juga: Honda Astrea 800 Choppy Cub dengan Referensi Bosozoku

Jika di Jepang gaya modifikasi ini banyak diaplikasikan pada berbagai motor dengan berbagai jenis mesin, untuk di Thailand banyak diterapkan pada motor-motor kecil, seperti Honda Monkey, Dax ST70, Chaly, dan lainnya. Jika dicari kesamaannya, mungkin motor-motor yang menggunakan diameter ban kecil.

Gaya modifikasi Bosozoku pada motor-motor kecil di ThailandBosozoku Bike Siam Gaya modifikasi Bosozoku pada motor-motor kecil di Thailand

Bahkan, sudah ada perkumpulannya di media sosial Facebook, dengan nama Bosozoku Bike Siam. Siam sendiri merupakan nama negara yang dipakai sebelum diganti menjadi Thailand.

Gaya modifikasi Bosozoku pada motor-motor kecil di ThailandBosozoku Bike Siam Gaya modifikasi Bosozoku pada motor-motor kecil di Thailand

Bisa dilihat dari gaya modifikasi yang diaplikasikan, mulai dari penggunaan warna yang mencolok, dipenuhi aksesori dan knalpot aftermarket, dan menggunakan ban berukuran besar atau gambot.

Baca juga: Setelah Monkey Z125, Honda Siapkan Generasi Baru Gorilla dan Dax 125

Gaya modifikasi Bosozoku pada motor-motor kecil di ThailandBosozoku Bike Siam Gaya modifikasi Bosozoku pada motor-motor kecil di Thailand

Ciri khas Bosozoku juga terlihat, ada yang menggunakan sissy bar, setang tinggi ala chopper, fairing tinggi, dan pastinya warna-warna mencolok yang dihiasi glitter dan airbrush yang menarik.

Di Indonesia, sepertinya belum ada yang mengaplikasikan gaya modifikasi tersebut, khususnya pada motor-motor kecil. Umumnya, motor-motor kecil di sini diubah menjadi standar klasik, chopper, dan lainnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X