Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengulik Desain All New Honda Scoopy 2020

Kompas.com - 18/12/2020, 10:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini Astra Honda Motor (AHM) melansir generasi baru Honda Scoopy. Skutik retro modern itu mendapat ubahan mulai dari eksterior, sasis dan mesin.

Sekilas tidak banyak ubahan di eksterior karena memang masih mirip-mirip, agar ciri khas Scoopy tidak luntur. Tapi jika dicermati, fasia model baru ini sebetulnya berubah dari Scoopy 2019.

Baca juga: Joki Honda Scoopy Mayoritas Perempuan

All New Honda ScoopyKOMPAS.com/Gilang All New Honda Scoopy

Perbedaan utama ialah lampu sein depan kini tidak menempel dengan lampu utama. Sein belakang juga terpisah dari lampu setop. Lampu belakangnya pun bulat membuatnya lebih imut.

Dengan detail seperti itu sekilas tampilannya seperti kembali ke Scoopy generasi kedua dan ketiga. Bedanya ialah detail sein dan peleknya. Pelek Scoopy jadul 14 inci sedangkan yang baru 12 inci.

Kompas.com merasakan orang tak sadar dengan perubahan desain ini. Buktinya banyak yang tidak "ngeh" kalau itu Scoopy baru. Terlebih model yang dites ialah tipe Stylish warna abu-abu doff yang banyak di jalan. 

All New Honda ScoopyKOMPAS.com/Gilang All New Honda Scoopy

Ketika ditegaskan bahwa itu Scoopy 2020 baru pada mulai mengerti. Patokannya seperti yang disebutkan sebelumnya, yaitu perbedaan bentuk sein dan desain pelek yang lebih trendi, yaitu palang lima kembar.

Saat Honda Genio pertama muncul ada kesan desainnya mengikuti Scoopy, sehingga menimbulkan kebimbangan. Tapi lambat laun perbedaan desain keduanya makin berjarak, terutama di Scoopy baru.

Baca juga: Yamaha Percaya Diri Saingi All New Scoopy dengan Fino Lawas

All New Honda ScoopyKOMPAS.com/Gilang All New Honda Scoopy

Scoopy bisa disebut sebagai modern retro, sedangkan Genio lebih mengarah ke retro sporty. Hal itu dapat dilihat dari bentuk lampu belakang Genio ala diamond cut, sedangkan Scoopy membulat.

Tampilan Scoopy lebih retro karena peleknya lebih kecil. Padahal secara dimensi keduanya tidak jauh beda. Bahkan sebetulnya masih lebih besar Genio.

Dimensi Scoopy ialah panjang 1.864 mm, lebar 683 mm, tinggi 1.075 mm. Tinggi tempat duduk 746 mm dan jarak sumbu roda 1.251 mm.

Adapun dimensi Genio memiliki panjang 1.869 mm, lebar 692 mm dan tinggi 1.061 mm. Tinggi tempat duduk 740 mm dan jarak sumbu roda 1.256 mm.

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com