Opsi Pebalap Pengganti Marc Marquez di MotoGP 2021

Kompas.com - 16/12/2020, 14:41 WIB
Pebalap Repsol Honda Team, Marc Marquez (kiri) saat menjalani balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7/2020). AFP/JAVIER SORIANOPebalap Repsol Honda Team, Marc Marquez (kiri) saat menjalani balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap andalan Repsol Honda Marc Marquez, masih berjuang untuk memulihkan cedera lengan kanannya setelah menjalani operasi ketiga.

Infeksi yang timbul akibat operasi tersebut membuat pebalap berusia 27 tahun itu diprediksi akan absen pada beberapa musim di MotoGP 2021.

Terkait kondisi Marquez, tim Honda sedang mencari pebalap pengganti yang bisa membantu mengembangkan motor Honda RC213V selama Marc Marquez absen.

Belum lagi pabrikan asal Jepang tersebut baru saja kehilangan Cal Crutchlow untuk MotoGP 2021 dan digantikan pebalap anyar Pol Espargaro yang sebelumnya memperkuat tim KTM.

Baca juga: Jaminan Petronas Yamaha SRT untuk Valentino Rossi

Beberapa nama pebalap pun disebut akan menggantikan Marc Marquez, sebut saja Andrea Dovizioso, Stefan Bradl, Alex Marquez, hingga Alvaro Bautista.

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (kanan), tengah berbincang dengan rider Ducati, Andrea Dovizioso, pada sebuah sesi konferensi pers jelang MotoGP Malaysia 2019, 31 Oktober 2019.AFP/MOHD RASFAN Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (kanan), tengah berbincang dengan rider Ducati, Andrea Dovizioso, pada sebuah sesi konferensi pers jelang MotoGP Malaysia 2019, 31 Oktober 2019.

Ayah Jorge Lorenzo, Chico Lorenzo, memberi masukan tentang pebalap yang layak menjadi pengganti Marquez sementara pada musim mendatang.

Menurut Chico, sebaiknya Honda mencari pebalap dari internal tim Honda, yaitu Stefan Bradl dan Alex Marquez, ketimbang mengambil keputusan untuk menggantikan Marc dengan Andrea Dovizioso sebagai pebalap pengganti.

Baca juga: Yamaha Diminta Mulai Mendengarkan Quartararo, Bukan Rossi

Bukan tanpa alasan, Chico memberi saran tersebut berdasarkan pengalaman putranya yang pindah dari Ducati ke Honda.

"Jorge Lorenzo telah berhasil menang bersama Ducati, ketika dia pindah ke Honda kemudian mengalami masalah. Jika seperti Dovizioso, dia sudah mengalami masalah di Ducati, apa yang akan terjadi ketika dia pindah ke Honda?,” ujar Chico dikutip dari Motosan, Rabu (16/12/2020).

“Semua orang tahu Dovizioso adalah pembalap hebat yang telah menorehkan pencapaian bagus. Tapi jika saya Honda, saya akan menyerahkan posisi pengganti kepada Alex Marquez atau Stefan Bradl," tambahnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X