Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Lupa Cek Kondisi Motor Sebelum Ditinggal Pergi Berlibur

Kompas.com - 16/12/2020, 13:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang cukup panjang biasanya dimanfaatkan sebagian orang untuk ke luar kota. Termasuk juga dengan menggunakan sepeda motor.

Sebelum melakukan perjalanan jauh atau touring, penting untuk mengecek kondisi motor. Agar perjalanan tetap terasa aman dan nyaman, hingga kembali lagi ke rumah.

Baca juga: Buat Bikers yang Mau Touring Liburan Nataru, Ingat 6 Jurus Aman

Asep Suherman, Kepala Bengkel AHASS Daya Motor Cibinong dan Megamendung, mengatakan, kondisi motor perlu dicek, mulai dari ban, tekanan udara, rem, lampu-lampu, dan lainnya.

Bengkel resmi Honda AHASS.Istimewa Bengkel resmi Honda AHASS.

"Jangan lupa juga kalau jika jarak tempuh akan melebihi batas pakai oli mesin atau part lainnya, alangkah baiknya diganti terlebih dahulu jadi jangan sampai ketika di tengah perjalanan kita malah mengalami penggantian oli atau part yang sudah waktunya," kata Herman, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Herman menambahkan, jika memang kurang memahami tentang motor, sebaiknya lakukan perawatan berkala atau servis rutin ke bengkel resmi. Jangan lupa untuk memberi informasi bahwa motor akan digunakan untuk touring.

Baca juga: Tata Cara Isi Bensin Saat Touring Motor Sesuai Panduan IMI

"Biasanya mekanik atau Service Advisor akan menanyakan sejauh mana perjalanannya. Mereka akan mengestimasi jarak tempuh dengan kondisi part yang masih bisa digunakan atau yang sebaiknya diganti," ujar Herman.

Tak hanya urusan teknis, Herman juga mengingatkan untuk menggunakan pakaian berkendara yang sesuai untuk keperluan touring. Tujuannya untuk memperkecil risiko jika terjadi kecelakaan.

"Jangan lupa selalu mengutamakan kelengkapan berkendara dari segi safety untuk menghindari atau meminimalisir tingkat resiko luka atau cedera terhadap diri kita pribadi," kata kata Herman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com