Jangan Lupa Cek Kondisi Motor Sebelum Ditinggal Pergi Berlibur

Kompas.com - 16/12/2020, 13:02 WIB
Triumph Motorcycles di bawah PT Garda Andalan Selaras (GAS) rampungkan touring dan siap buka outlet baru. GASTriumph Motorcycles di bawah PT Garda Andalan Selaras (GAS) rampungkan touring dan siap buka outlet baru.

JAKARTA, KOMPAS.com - Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang cukup panjang biasanya dimanfaatkan sebagian orang untuk ke luar kota. Termasuk juga dengan menggunakan sepeda motor.

Sebelum melakukan perjalanan jauh atau touring, penting untuk mengecek kondisi motor. Agar perjalanan tetap terasa aman dan nyaman, hingga kembali lagi ke rumah.

Baca juga: Buat Bikers yang Mau Touring Liburan Nataru, Ingat 6 Jurus Aman

Asep Suherman, Kepala Bengkel AHASS Daya Motor Cibinong dan Megamendung, mengatakan, kondisi motor perlu dicek, mulai dari ban, tekanan udara, rem, lampu-lampu, dan lainnya.

Bengkel resmi Honda AHASS.Istimewa Bengkel resmi Honda AHASS.

"Jangan lupa juga kalau jika jarak tempuh akan melebihi batas pakai oli mesin atau part lainnya, alangkah baiknya diganti terlebih dahulu jadi jangan sampai ketika di tengah perjalanan kita malah mengalami penggantian oli atau part yang sudah waktunya," kata Herman, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Herman menambahkan, jika memang kurang memahami tentang motor, sebaiknya lakukan perawatan berkala atau servis rutin ke bengkel resmi. Jangan lupa untuk memberi informasi bahwa motor akan digunakan untuk touring.

Baca juga: Tata Cara Isi Bensin Saat Touring Motor Sesuai Panduan IMI

"Biasanya mekanik atau Service Advisor akan menanyakan sejauh mana perjalanannya. Mereka akan mengestimasi jarak tempuh dengan kondisi part yang masih bisa digunakan atau yang sebaiknya diganti," ujar Herman.

Tak hanya urusan teknis, Herman juga mengingatkan untuk menggunakan pakaian berkendara yang sesuai untuk keperluan touring. Tujuannya untuk memperkecil risiko jika terjadi kecelakaan.

"Jangan lupa selalu mengutamakan kelengkapan berkendara dari segi safety untuk menghindari atau meminimalisir tingkat resiko luka atau cedera terhadap diri kita pribadi," kata kata Herman.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X