Gresini Racing Cerai dari Aprilia, Bisa Jodoh dengan Suzuki

Kompas.com - 15/12/2020, 07:42 WIB
Aprilia MotoGP Aprilia MotoGPAprilia MotoGP

FAENZA, KOMPAS.com - Gresini Racing mengumumkan akan berpisah dengan Aprilia Racing akhir 2021. Mulai 2022, Gresini akan berstatus sebagai tim independen alias tim satelit.

Manager Tim Fausto Gresini mengatakan, pihaknya sudah menandatangani kontrak dengan Asosiasi Tim Balap Internasional (IRTA) selama lima tahun mulai dari 2022-2026.

“Kami dengan senang hati mengumumkan perjanjian ini dengan IRTA, yang akan membuat kami tetap berada di MotoGP selama lima tahun mulai 2022," kata Fausto dalam rilis resmi, Senin (14/12/2020).

Baca juga: MP1 Rangkul Gresini Racing Bikin Tim Buat Berlaga di MotoGP

Fausto Gresini Foto: MotoGP.com Fausto Gresini

"Kami tidak akan mewakili Aprilia sebagai tim pabrikan lagi, jadi kami akan melanjutkan sebagai tim independen, melakukannya dengan usaha dan komitmen yang sama," katanya.

Belum ada konfirmasi bagaimana status Aprilia, apakah akan membentuk tim sendiri atau hengkang dari MotoGP. Kemudian soal pabrikan apa yang bakal digandeng oleh Gresini pada 2022.

"Ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan dan banyak hal yang harus didefinisikan dan dikomunikasikan," kata Fausto.

"Yang jelas kami sedang mengerjakan proyek besar ini, dan kami akan mengungkapkan detailnya sedikit demi sedikit," katanya.

Baca juga: Pecco Bagnaia Peringatkan Pebalap Rookie, Moto2 Beda dengan MotoGP

Federal Oil Gresini Racing Moto2Foto: Istimewa Federal Oil Gresini Racing Moto2

Spekulasi mulai bertebaran. Gresini disebut bisa menjadi jodoh yang tepat bagi Suzuki sebagai tim satelit di MotoGP. Meski rumors lain juga beredar, menyatakan tim VR46 besutan Valentino Rossi juga tertarik menjadi tim lapis dua Suzuki.

Gresini Racing didirikan tahun 1997 oleh Fausto Gresini setelah pensiun menjadi pebalap. Fausto merupakan dua kali juara dunia di kelas GP 125cc.

Saat ini Gresini Racing turun di semua kelas kejuaraan balap motor dunia, mulai dari MotoE, Moto3, Moto2, dan MotoGP berduet dengan Aprilia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X