Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gresini Racing Cerai dari Aprilia, Bisa Jodoh dengan Suzuki

Kompas.com - 15/12/2020, 07:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

FAENZA, KOMPAS.com - Gresini Racing mengumumkan akan berpisah dengan Aprilia Racing akhir 2021. Mulai 2022, Gresini akan berstatus sebagai tim independen alias tim satelit.

Manager Tim Fausto Gresini mengatakan, pihaknya sudah menandatangani kontrak dengan Asosiasi Tim Balap Internasional (IRTA) selama lima tahun mulai dari 2022-2026.

“Kami dengan senang hati mengumumkan perjanjian ini dengan IRTA, yang akan membuat kami tetap berada di MotoGP selama lima tahun mulai 2022," kata Fausto dalam rilis resmi, Senin (14/12/2020).

Baca juga: MP1 Rangkul Gresini Racing Bikin Tim Buat Berlaga di MotoGP

Fausto Gresini Foto: MotoGP.com Fausto Gresini

"Kami tidak akan mewakili Aprilia sebagai tim pabrikan lagi, jadi kami akan melanjutkan sebagai tim independen, melakukannya dengan usaha dan komitmen yang sama," katanya.

Belum ada konfirmasi bagaimana status Aprilia, apakah akan membentuk tim sendiri atau hengkang dari MotoGP. Kemudian soal pabrikan apa yang bakal digandeng oleh Gresini pada 2022.

"Ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan dan banyak hal yang harus didefinisikan dan dikomunikasikan," kata Fausto.

"Yang jelas kami sedang mengerjakan proyek besar ini, dan kami akan mengungkapkan detailnya sedikit demi sedikit," katanya.

Baca juga: Pecco Bagnaia Peringatkan Pebalap Rookie, Moto2 Beda dengan MotoGP

Federal Oil Gresini Racing Moto2Foto: Istimewa Federal Oil Gresini Racing Moto2

Spekulasi mulai bertebaran. Gresini disebut bisa menjadi jodoh yang tepat bagi Suzuki sebagai tim satelit di MotoGP. Meski rumors lain juga beredar, menyatakan tim VR46 besutan Valentino Rossi juga tertarik menjadi tim lapis dua Suzuki.

Gresini Racing didirikan tahun 1997 oleh Fausto Gresini setelah pensiun menjadi pebalap. Fausto merupakan dua kali juara dunia di kelas GP 125cc.

Saat ini Gresini Racing turun di semua kelas kejuaraan balap motor dunia, mulai dari MotoE, Moto3, Moto2, dan MotoGP berduet dengan Aprilia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com