Mengapa Warna Bumper dan Bodi Mobil Terlihat Berbeda?

Kompas.com - 14/12/2020, 18:01 WIB
Cat belang bumper dan bodi twitter/@kevin_kalist1999Cat belang bumper dan bodi

JAKARTA, KOMPAS.comWarna mobil merupakan salah satu yang memengaruhi tampilan eksterior kendaraan. Namun jika diperhatikan secara detail, terlihat adanya perbedaan warna antara bumper dan bodi mobil.

Perbedaannya memang tidak terlalu besar, baru terlihat dari sudut-sudut tertentu. Lalu kenapa bisa ada perbedaan warna di bagian bumper dan bodi mobil?

Kepala Bengkel Body & Paint Auto2000 Sunter, Yuly Kridiawan mengatakan, pada dasarnya warna yang ada di bumper atau bodi seharusnya sama.

Namun ada warna tertentu yang memiliki kecenderungan berbeda jika diaplikasikan pada bumper dan bodi.

Baca juga: Alasan Mengapa Susunan Kursi Bus Lebih Banyak di Sisi Kanan Kabin

Hasil pengecatan di bengkel PH SupriAditya Maulana, KompasOtomotif Hasil pengecatan di bengkel PH Supri

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Warna yang agak memiliki kecenderungan berbeda adalah silver, pearl atau metalik. Warna-warna ini menghasilkan sudut pantulan warna atau cahaya yang berbeda,” ucap Yuly kepada Kompas.com, Senin (14/12/2020).

Selain itu, ada faktor lain yang membuat warna yang ada di bumper seolah-olah berbeda dengan di bodi. Misalanya seperti bahan bumper dan bodi yang berbeda dan bentuk dari kedua komponen tersebut.

Baca juga: Jangan Abai, Ini 3 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Buka Pintu Mobil

Bumper terbuat dari plastik dan bodi dari plat. Kemudian bodi bentuknya datar, sedangkan bumper complex atau melengkung, sehingga menimbulkan perbedaan pantulan cahaya yang diterima,” kata Yuly.

Selanjutnya, karena perbedaan bentuk antara bumper dan bodi, bisa terjadi perbedaan saat aplikasi pengecatan. Dikarenakan bentuk bumper yang complex, membuat sudut pengecatan tidak bisa 90 derajat terhadap panel yang dicat, berbeda dengan bodi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X