Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Warna Bumper dan Bodi Mobil Terlihat Berbeda?

Kompas.com - 14/12/2020, 18:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comWarna mobil merupakan salah satu yang memengaruhi tampilan eksterior kendaraan. Namun jika diperhatikan secara detail, terlihat adanya perbedaan warna antara bumper dan bodi mobil.

Perbedaannya memang tidak terlalu besar, baru terlihat dari sudut-sudut tertentu. Lalu kenapa bisa ada perbedaan warna di bagian bumper dan bodi mobil?

Kepala Bengkel Body & Paint Auto2000 Sunter, Yuly Kridiawan mengatakan, pada dasarnya warna yang ada di bumper atau bodi seharusnya sama.

Namun ada warna tertentu yang memiliki kecenderungan berbeda jika diaplikasikan pada bumper dan bodi.

Baca juga: Alasan Mengapa Susunan Kursi Bus Lebih Banyak di Sisi Kanan Kabin

Hasil pengecatan di bengkel PH SupriAditya Maulana, KompasOtomotif Hasil pengecatan di bengkel PH Supri

“Warna yang agak memiliki kecenderungan berbeda adalah silver, pearl atau metalik. Warna-warna ini menghasilkan sudut pantulan warna atau cahaya yang berbeda,” ucap Yuly kepada Kompas.com, Senin (14/12/2020).

Selain itu, ada faktor lain yang membuat warna yang ada di bumper seolah-olah berbeda dengan di bodi. Misalanya seperti bahan bumper dan bodi yang berbeda dan bentuk dari kedua komponen tersebut.

Baca juga: Jangan Abai, Ini 3 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Buka Pintu Mobil

Bumper terbuat dari plastik dan bodi dari plat. Kemudian bodi bentuknya datar, sedangkan bumper complex atau melengkung, sehingga menimbulkan perbedaan pantulan cahaya yang diterima,” kata Yuly.

Selanjutnya, karena perbedaan bentuk antara bumper dan bodi, bisa terjadi perbedaan saat aplikasi pengecatan. Dikarenakan bentuk bumper yang complex, membuat sudut pengecatan tidak bisa 90 derajat terhadap panel yang dicat, berbeda dengan bodi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com