Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menjaga Cat Helm Tetap Kinclong

Kompas.com - 17/10/2020, 08:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Helm merupakan perangkat wajib yang digunakan oleh pengendara roda dua. Seiring dengan pemakaian, jika pemilik helm kurang tepat dalam merawatnya, perangkat ini juga akan cepat kusam atau rusak, terutama pada bagian catnya.

Untuk itu, pegiat dari komunitas Belajar Helm Ahmad M membagikan tips agar helm tetap memiliki tampilan yang menarik dan tidak kusam.

Hal utama yang harus diperhatikan yakni dalam menaruh helm. Jangan taruh pelindung kepala ini sembarangan seperti pada tempat yang rawan jatuh atau terkena matahari langsung. Letakkan di tempat yang aman dan teduh dari sinar matahari.

Baca juga: Hasil FP2 MotoGP Aragon, Vinales Asapi Quartararo

Helm yang jarang dipakai berpotensi lebih besar terserang jamurKOMPAS.com/Gilang Helm yang jarang dipakai berpotensi lebih besar terserang jamur

“Kemudian, biasakan sesudah memakai helm hendaknya bagian permukaan cat helm dibersihkan terlebih dahulu dengan menyeka menggunakan kain microfiber guna menghilangkan noda debu,” ujar Ahmad saat dihubungi Kompas.com, Jumat (16/10/2020).

Baca juga: Keuntungan Lain dari Ban Motor Tubeless, Tekanan Udara Lebih Awet

Lalu Ahmad melanjutkan, untuk membersihkannya gunakan lap chamois (kanebo) yang sudah dibasahi sedikit air guna menghilangkan kotoran membandel yang menempel dipermukaan cat helm.

Selain itu pemilik helm juga bisa melakukan perawatan untuk menjaga cat helm tetap awet dan tidak kusam.

“Biasanya sekarang ini juga sudah banyak banyak treatment cat yang beredar di toko untuk merawat permukaan helm. Seperti contoh Uniklin yang diciptakan oleh komunitas Belajar Helm,” kata pria yang akrab disapa Mamat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com