Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menjaga Cat Mobil Tidak Belang

Kompas.com - 14/12/2020, 11:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comCat pada mobil merupakan salah satu faktor yang memengaruhi penampilan kendaraan. Seiring berjalannya waktu, cat pada mobil bisa menjadi belang jika tidak dirawat dengan baik.

Cat belang ini paling kentara pada mobil berkelir putih atau silver. Misalnya untuk warna putih di bumper berbeda dengan yang ada di fender, tentu saja sedikit perbedaan warna ini membuat tampilannya kurang enak dilihat.

Lalu bagaimana cara menjaga cat mobil agar tidak belang dan tetap cerah?

Baca juga: Pahami Arti Garis Warna-Warni pada Ban Baru

Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition. Hadir dengan head unit Rockford Fosgate dengan subwoofer dan amplifier. Ditawarkan satu transmisi otomatik dengan dua pilihan warna putih dan abu abu metalik. Dibadnerol Rp 304,7 jutaAPHIT McKlein Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition. Hadir dengan head unit Rockford Fosgate dengan subwoofer dan amplifier. Ditawarkan satu transmisi otomatik dengan dua pilihan warna putih dan abu abu metalik. Dibadnerol Rp 304,7 juta

CEO XTO Car Care, Christopher Sebastian mengatakan, ada berbagai cara agar cat mobil tidak belang, mulai dari memilih cover bodi yang benar, posisi parkir, dan kebiasaan menjaga kebersihan.

“Pertama jangan menggunakan cover bodi sembarangan. Pakai cover yang tahan panas dan anti air hujan. Cover yang kurang bagus dapat membuat lembab karena panas dari mobil yang membuat covernya menempel,” ucap Christopher kepada Kompas.com, Minggu (13/12/2020).

Kedua, usahakan untuk memarkir mobil di tempat yang teduh atau tidak terkena matahari langsung. Untuk soal kebersihan bodi, jika terkena hujan usahakan langsung dicuci dan dibersihkan, shampo yang digunakan juga tidak sembarangan.

Baca juga: United Sebut Biaya Charging Harian T1800 Tak Sampai Rp 3.000

“Gunakan sabun atau shampoo khusus dalam mencuci mobil. Gunakan shampoo dengan PH yang rendah sehingga tidak merusak cat,” kata Christopher.

Kemudian saat mencuci bodi mobil, gunakan kain yang halus seperti microfiber. Menggunakan microfiber bisa mencegah baret-baret halus karena debu yang ikut tersapu saat sedang mengelap bodi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com