Kompas.com - 14/12/2020, 16:51 WIB
Kendaraan mengantre selepas pintu tol Gadog, Ciawi menuju jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (27/6). Antrean panjang terjadi akibat tingginya volume kendaraan warga Jabodetabek yang ingin mengisi libur Lebaran di jalur wisata Puncak, Bogor dan sekitarnya sehingga Polres Bogor memberlakukan sistem buka tutup satu arah untuk mengurai kepadatan. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/nz/17/p ARIF FIRMANSYAHKendaraan mengantre selepas pintu tol Gadog, Ciawi menuju jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (27/6). Antrean panjang terjadi akibat tingginya volume kendaraan warga Jabodetabek yang ingin mengisi libur Lebaran di jalur wisata Puncak, Bogor dan sekitarnya sehingga Polres Bogor memberlakukan sistem buka tutup satu arah untuk mengurai kepadatan. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/nz/17/p
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Polres Bogor akan melakukan penutupan jalur di Kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, pada malam tahun baru 2021 guna mengurangi kepadatan arus lalu lintas dan mencegah penyebaran Covid-19.

Pasalnya, wilayah tersebut masih menjadi langganan lokasi wisata untuk menghabiskan waktu libur bagi masyarakat DKI Jakarta dan sekitarnya, terkhusus jelang libur natal dan tahun baru (Nataru).

Kasat Lantas Polres Bogor Iptu Dicky Anggi Pranata mengatakan, jalur yang ditutup ialah pintu keluar masuk Tol Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat selama 12 jam.

Baca juga: Pelajari Apa Penyebab Umum Mobil Gagal Menanjak

Giat penyekatan wilayah perbatasan di jalur Puncak Cianjur, Jawa Barat, yang dilakukan beberapa waktu lalu menyusul pemberlakukan PSBB di wilayah Jabodetabek, beberapa waktu laluKOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Giat penyekatan wilayah perbatasan di jalur Puncak Cianjur, Jawa Barat, yang dilakukan beberapa waktu lalu menyusul pemberlakukan PSBB di wilayah Jabodetabek, beberapa waktu lalu

"Jalur ditutup 31 Desember 2020 pukul 18.00 WIB sampai 1 Januari 2021 pukul 06.00 WIB," katanya, Minggu (13/12/2020).

Bagi pengendara yang akan ke Cianjur atau Bandung, lanjut Dicky, bisa mengambil jalur alternatif yakni lewat Sukabumi dan Jonggol.

"Jalan alternatif lewat Jonggol memiliki jarak tempuh 87 kilometer dengan estimasi waktu tempuh 3 jam. Tak jauh berbeda jika lewat Sukabumi yang memiliki jarak tempuh 88 kilometer," ucap dia.

Baca juga: Jokowi Undang Tesla untuk Berinvestasi di Indonesia

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by TMC Polres Bogor (@tmcpolresbogor)

Secara rinci, rute yang bisa diambil jika melewati jalur Cianjur ialah masuk Tol Jagorawi, lalu keluar Tol Cibubur, ambil jalur menuju Cileungsi, kemudian ke Jonggol-Cariu-Cikalong, dan berakhir di Cianjur.

Sementara bagi masyarakat yang ingin menuju Sukabumi bisa keluar Exit Tol Ciawi, kemudian terus ke arah Cicurug-Cibadak-Kota Sukabumi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X