Jokowi Undang Tesla untuk Berinvestasi di Indonesia

Kompas.com - 14/12/2020, 07:22 WIB
Ilustrasi Pabrik Mobil Tesla di Amerika Serikat theverge.comIlustrasi Pabrik Mobil Tesla di Amerika Serikat

JAKARTA, KOMPAS.com – Melanjutkan kabar soal rencana pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik di Indonesia. Presiden RI Joko Widodo mengundang CEO Tesla Elon Musk untuk berinvestasi di Tanah Air.

Hal ini disampaikan Jokowi saat melakukan pembicaraan melalui sambungan telepon dengan Elon Musk, didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan,  Jumat (11/12/2020).

“Kedua belah pihak bertukar pandangan mengenai industri mobil listrik dan komponen utama baterai listrik,” tulis keterangan resmi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi yang dikutip, Minggu (13/12/2020).

Baca juga: Hyundai Staria, Calon Low MPV Pesaing Avanza dan Xpander

CEO Tesla, Elon Musk.Getty Images via DW Indonesia CEO Tesla, Elon Musk.

“Selain itu, Presiden RI Joko Widodo juga mengajak Tesla untuk melihat Indonesia sebagai launching pad (lokasi yang tepat untuk) Space X,” lanjut keterangan tertulis tadi.

Elon Musk kabarnya menanggapi secara positif ajakan tersebut. Ia bahkan akan mengutus timnya ke Indonesia pada Januari 2021 untuk melakukan pembicaraan lebih lanjut mengenai rencana tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, Tesla memang disebut-sebut tertarik untuk mendirikan pabrik baterai baru di Tanah Air. Salah satu faktornya, Indonesia dianggap punya cadangan nikel yang berlimpah.

Baca juga: Rossi Ungkap Alasan Yamaha Terus Bermasalah

Baterai Mobil Listrik Nissan Leaf Foto: Wikipedia/H.Kashioka Baterai Mobil Listrik Nissan Leaf

Jokowi juga telah mengirimkan delegasi ke Amerika Serikat untuk bertemu eksekutif Tesla dalam rangka membahas proyek ini.

Namun pertemuan ini gagal lantaran keadaan Elon Musk yang positif virus corona, ketika tim dari Indonesia sudah berada di AS pada pertengahan November lalu.

Jika nanti tim Tesla benar-benar datang ke Indonesia, hal ini bakal menjadi pertemuan tatap muka pertama yang dilakukan kedua pihak.

“Ini sangat penting karena kita punya rencana besar untuk menjadikan Indonesia penghasil baterai lithium terbesar dan kita punya (cadangan) nikel terbesar,” kata Jokowi, dilansir dari Reuters.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.