Proses Kredit Mobil Baru sampai ke Tangan Konsumen Berapa Lama?

Kompas.com - 14/12/2020, 08:12 WIB
mobil baru di tokyo motor show 2019 KOMPAS.com / Stanlymobil baru di tokyo motor show 2019
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang akhir tahun seperti ini peminat kendaraan roda empat jauh lebih tinggi dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Selain banyaknya promo yang ditawarkan oleh diler, kebutuhan kendaraan untuk melakukan perjalanan di momen libur akhir tahun juga menjadi salah satu penyebabnya.

Dalam proses pembelian mobil baru, tidak sedikit konsumen yang lebih tertarik membeli secara kredit atau diangsur.

Banyak pertimbangan yang mendasari pilihan tersebut, mulai dari keterbatasan dana yang tersedia, promo potongan down payment (DP) yang menggiurkan hingga cicilan yang pas di kantong.

Baca juga: Mengapa STNK Kendaraan yang Sudah Dijual Perlu Diblokir?

Akan tetapi, ketika konsumen membeli kendaraan roda empat baru dengan cara dicicil tentunya prosesnya akan berbeda dengan ketika membeli secara tunai.

mobil baru di tokyo motor show 2019KOMPAS.com / Stanly mobil baru di tokyo motor show 2019

Salah satunya adalah persyaratan yang harus dilengkapi oleh calon pembeli juga lebih banyak dan prosesnya membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Salah satu tenaga penjual Daihatsu di Solo mengatakan, untuk lama tidaknya proses pengajuan kredit hingga mobil sampai ke tangan pembeli juga tergantung dengan persyaratannya.

“Kalau kredit itu harus melalui berbagai proses, mulai dari survei, PO administrasi dan juga proses yang lainnya,” katanya kepada Kompas.com, Minggu (13/12/2020).

Baca juga: Begini Cara Mudah Blokir STNK Tanpa Harus ke Samsat

Wiraniaga tersebut juga mengatakan, untuk pengajuan kredit selain persyaratan yang harus lengkap juga tergantung dengan persetujuan dari leasing.

“Tergantung dengan persetujuan leasing juga, down payment (DP), ketersediaan unitnya juga. Yang lebih kurang memakan waktu satu minggu,” ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X