Jorge Lorenzo Klarifikasi Soal Tudingan Penggelapan Pajak

Kompas.com - 11/12/2020, 08:42 WIB
Jorge Lorenzo mulai frustasi usai GP Jerez Foto: AutosportJorge Lorenzo mulai frustasi usai GP Jerez

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, nama Jorge Lorenzo disebut-sebut dalam kasus penggelapan pajak di Spanyol. Diduga bahwa juara dunia lima kali tersebut telah melakukan pencucian uang.

Disebutkan oleh surat kabar El Confidencial, Lorenzo menggunakan jaringan tersembunyi untuk memindahkan dana sebesar 856.966,50 euro atau setara Rp 14,6 miliar.

Baca juga: Nama Lorenzo Muncul dalam Investigasi Penggelapan Pajak

Dana sebesar itu merupakan pengalihan aset dari beberapa tempat, termasuk dari Andorra ke Swiss. Berasal dari 2013, sejak dia masih bersama Yamaha.

Jorge LorenzoFoto: Daily Star Jorge Lorenzo

Dikutip dari Speedweek.com, pebalap asal Spanyol tersebut sudah menjadi incaran para otoritas beberapa kali di masa lalu.

Lorenzo pun akhirnya memberikan klarifikasi atas tuduhan tersebut melalui media sosialnya:

Baca juga: Jorge Lorenzo Ingin Disebut Juara Dunia Selamanya

1. Saya tidak kenal atau pernah menggunakan jasa Mr. Alejandro Perez Calzada, yang diduga bertanggung jawab atas sistem penipuan. Mengklaim bahwa saya telah dikaitkan dengan penggelapan pajak dan pencucian uang adalah palsu dan menyesatkan serta bertujuan untuk merusak reputasi saya.

2. Saya telah tinggal di Swiss sejak 2013 dan juga membayar pajak saya di sana. Otoritas negara ini mengonfirmasi status saya sebagai wajib pajak dan mendapat informasi lengkap tentang kepemilikan saya. Tidak ada yang kabur tentang ini.

3. Mengenai otoritas pajak Spanyol, saya ingin menjelaskan bahwa saya telah membayar semua pajak yang diklaim. Namun, pengacara saya tidak puas dengan interpretasi pihak berwenang yang menganggap saya dapat dikenakan pajak di Spanyol dan telah meminta pengembalian dana sejumlah yang telah dibayarkan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X